Bakesbangpol Tanjungpinang Ajak Ormas dan Masyarakat Bersatu Sukseskan Pilkada
Oleh : Devi Handiani
Senin | 28-10-2024 | 20:24 WIB
Sosialisasi-Pilkada-Tpi2.jpg
Bakesbangpol Tanjungpinang gelar sosialisasi Pilkada 2024. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan sosialisasi bertemakan "Peran Serta Lembaga/Masyarakat Sebagai Mitra Pemerintah dalam Mendukung dan Mensukseskan Pilkada 2024" di Hotel Nite n Day, Tanjungpinang, Senin (28/10/2024).

Penjabat (Pj) Wali kota Tanjungpinang, Andri Rizal yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kota Tanjungpinang, Samsudi dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran serta ormas dan masyarakat untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan lancar.

"Peran ormas dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan situasi kondusif serta membangun semangat persatuan dan kesatuan. Kita semua bertanggung jawab menjaga keutuhan NKRI," ujar Samsudi.

Beliau berharap kegiatan ini semakin meneguhkan komitmen semua peserta untuk menjadi teladan di lingkungan masing-masing. "Kami harap peserta sosialisasi ini, terutama ormas dan tokoh masyarakat, akan aktif dalam perannya mendukung pilkada serentak dan membantu menciptakan suasana aman di lingkungannya masing-masing," tambahnya.

Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Agus Djurianto menggarisbawahi pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat. "Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk mengawal proses demokrasi ini dari persiapan hingga pelaksanaan. Dengan hadir di sini, kita menunjukkan komitmen bersama untuk menjaga stabilitas selama pilkada. Sinergi antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat akan membuat Pilkada berjalan damai," jelas Agus.

Dua narasumber lain dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjungpinang, Kapten Baginda Sitanggang dari Kodim 0315 Tanjungpinang dan Letkol Laut Yuliarso, yang hadir sebagai perwakilan dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (LANUDAL), memberikan penekanan penting terkait komitmen TNI dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama Pilkada 2024.

Dalam pemaparannya, Letkol Yuliarso menjelaskan bahwa TNI memiliki peran strategis dalam menjaga ketertiban wilayah, khususnya selama masa pemilu yang rentan terhadap potensi gangguan. "TNI berkomitmen penuh untuk menjaga keamanan wilayah demi kelancaran Pilkada 2024. Kami siap melakukan berbagai langkah antisipatif, termasuk patroli wilayah dan pemantauan terhadap potensi kerawanan, demi menciptakan situasi yang aman dan kondusif," ujar Letkol Yuliarso.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang diikuti antusias oleh para peserta. Perwakilan dari Forum RT/RW, Karang Taruna, dan berbagai ormas di Tanjungpinang berdiskusi tentang langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan dalam mensukseskan Pilkada. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkuat peran masyarakat dalam mendukung Pilkada 2024 agar berjalan damai dan kondusif.

Melalui sosialisasi ini, Kesbangpol Kota Tanjungpinang berharap semua elemen masyarakat semakin aktif berperan dalam menjaga ketertiban dan semangat kebersamaan selama pemilihan berlangsung.

Editor: Yudha