Kemenpora Luncurkan Aplikasi Tes Kebugaran Pelajar untuk Peningkatan Partisipasi Olahraga
Oleh : Redaksi
Rabu | 16-10-2024 | 15:24 WIB
TKPN.jpg
Peluncuran aplikasi Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Rabu (16/10/2024). (Kemenpora)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) terus melanjutkan implementasi Desain Besar Keolahragaan Nasional (DBON) dengan fokus pada peningkatan kebugaran siswa agar lebih aktif berolahraga.

Salah satu inisiatif terbaru adalah peluncuran aplikasi Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN), yang diresmikan oleh Sekretaris Kemenpora, Gunawan Suswantoro, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Rabu (16/10/2024).

Dalam sambutannya, Sesmenpora menyampaikan, DBON adalah proyek besar yang membutuhkan dukungan sistem menyeluruh, mulai dari pembinaan hingga pencapaian prestasi olahraga. "Salah satu target utama DBON di tahun 2045 adalah memastikan 70 persen siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan olahraga, dengan harapan mereka akan mencapai kebugaran jasmani yang baik," kata Sesmenpora mewakili Menpora Dito, demikian dikutip laman Kemenpora.

Aplikasi TKPN ini diharapkan dapat memetakan tingkat kebugaran dari sekitar 50 juta pelajar di seluruh Indonesia melalui program yang sistematis dan terukur. Data yang dihasilkan dari aplikasi ini akan menjadi dasar bagi pengembangan program Kemenpora untuk meningkatkan kebugaran pelajar secara berkelanjutan.

"Kebugaran siswa adalah tanggung jawab kita bersama. Kemenpora akan terus berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait seperti Kemendikbud, Kemenko PMK, Kemenag, Kemenkes, serta Bappenas untuk memastikan kebugaran siswa Indonesia, yang merupakan aset berharga sebagai generasi penerus bangsa," tambah Sesmenpora.

Program ini juga mendapat dukungan penuh dari Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS). Ketua Umum IGORNAS, Dikdik Setia Munardi, berharap aplikasi TKPN dapat dimanfaatkan secara luas untuk memotivasi siswa agar lebih aktif berolahraga, dengan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar.

"Kemenpora akan terus mendukung para guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang menjadi ujung tombak dalam memajukan olahraga di kalangan pelajar, demi masa depan keolahragaan Indonesia," tutup Sesmenpora.

Editor: Gokli