Kemenag Salurkan Rp 7,8 Miliar Bantuan Operasional Gereja di Seluruh Indonesia
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 04-10-2024 | 15:04 WIB
Jeane.jpg
Dirjen Bimas Kristen, Jeane Marie Tulung. (Kemenag)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen telah menyalurkan bantuan operasional untuk gereja sebesar Rp 7,8 miliar hingga pertengahan 2024.

Bantuan ini bertujuan mendukung operasional gereja, termasuk pengembangan manajemen dan administrasi di berbagai wilayah Indonesia, khususnya di daerah terpencil.

"Bantuan operasional ini dimaksudkan untuk mendukung pengembangan kegiatan sosial-keagamaan yang bermanfaat bagi jemaat dan masyarakat sekitar," ujar Dirjen Bimas Kristen, Jeane Marie Tulung, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (4/10/2024), demikian dikutip laman Kemenag.

Jeane menyampaikan, dana tersebut telah disalurkan kepada delapan Aras Nasional, tiga perwakilan aras daerah, tujuh Sinode, serta 50 gereja lokal. Pemerintah berharap gereja-gereja tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial yang memperkuat ikatan komunitas.

"Melalui bantuan ini, gereja diharapkan dapat meningkatkan aktivitas sosialnya dan mendorong keterlibatan jemaat dalam pelayanan sosial bagi masyarakat di sekitarnya," tambahnya.

Program bantuan ini juga dinilai strategis untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Jeane berharap, upaya ini dapat mempererat hubungan antarwarga serta mendukung persatuan dan toleransi di tengah keberagaman agama.

Dengan bantuan ini, diharapkan gereja-gereja di berbagai daerah kini memiliki dukungan yang lebih baik untuk memperbaiki fasilitas dan meningkatkan operasionalnya. Hal ini juga diharapkan dapat memberikan akses yang lebih layak bagi umat Kristen untuk beribadah.

"Bantuan ini menjadi bagian penting dalam kebijakan pemerintah untuk mendukung kebebasan beragama dan memperkuat peran rumah ibadah dalam masyarakat," pungkas Jeane.

Editor: Gokli