FBN Beri Materi Bela Negara dalam PKKMB 2024 di AKBID Anugerah Bintan
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 12-09-2024 | 15:24 WIB
1209_FBN-PKKMB-2024_039348348.jpg
Ketua FBN DPW Kepri, Letkol (Purn) Endang Abdullah, saat mengisi materi bela negara dalam PKKBM Akbid Anugerah Bintan, Kamis (12/9/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun 2024-2025, diperlukan pemahaman tentang lingkungan kampus maupun luar kampus.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemberian materi PKKMB oleh Forum Bela Negara Dewan Pimpinan Wilayah (FBN DPW Kepri) di Akademi Kebidanan (AKBID) Anugerah Bintan, Kamis (12/9/2024).

Ketua FBN DPW Kepri, Letkol (Purn) Endang Abdullah, menyatakan bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

"Bela negara tidak selalu harus dengan memegang senjata atau berperang. Setiap warga negara Indonesia wajib mengikuti bela negara sesuai dengan UUD 1945," jelas Endang.

Endang juga mengungkapkan bahwa tujuan bela negara adalah untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara, menjaga stabilitas, serta keselamatan negara dan rakyat.

Selain itu, bela negara bertujuan untuk mempertahankan integritas wilayah negara, melindungi kepentingan nasional, serta mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, sekaligus melestarikan budaya.

"Beberapa nilai yang harus dimiliki oleh seseorang yang berjiwa bela negara antara lain keyakinan akan Pancasila, cinta Tanah Air, rela berkorban, dan kesadaran berbangsa serta bernegara," tambahnya.

"Salah satu landasan hukum bela negara adalah Pasal 30 Ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara," ujar Endang.

Pantauan di lokasi menunjukkan bahwa sebanyak 42 mahasiswa baru AKBID Anugerah Bintan tampak serius menyimak materi bela negara yang disampaikan oleh FBN.

Editor: Gokli