Pengembangan Infrastruktur Masjid Al Muhajirin dari CSR BRK Syariah Diresmikan Gubernur Kepri
Oleh : Aldy
Senin | 09-09-2024 | 14:24 WIB
CSR-BRKS.jpg
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat meresmikan pengembangan infrastruktur Masjid Al Muhajrin dari CSR BRK Syariah. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bank Riau Kepri Syariah terus menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR).

Kali ini, bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, BRK Syariah melakukan pengembangan sarana dan infrastruktur pembangunan Masjid Al Muhajirin yang terletak di kawasan strategis Jalan Potong Lembu, Kelurahan Kamboja, Kota Tanjungpinang.

Pengembangan sarana infrastruktur masjid ini diresmikan langsung Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dengan penandatanganan batu prasasti bersama Direktur Operasional BRK Syariah, Said Syamsuri, didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Branch Manager BRK Syariah Tanjungpinang, Baharudin beserta tamu VIP lainnya. Momen sakral ini disaksikan oleh ratusan warga yang antusias mengikuti prosesi tersebut, Senin (09/09/24).

Masjid yang bernama Al Muhajirin ini dibangun di atas lahan seluas 580 M2 persegi, dengan desain modern yang tetap mempertahankan nuansa arsitektur Islami dipadu dengan ciri khas ornamen melayu menjadikan masjid ini sebagai salah satu ikon baru di wilayah Akau Potong Lembu dengan kapasitas masjid yang mampu menampung hingga 350 jamaah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas di antarannya Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) pada lantai 1, halaman parkir yang luas, tempat wudhu yang nyaman, serta toilet umum.

Dalam sambutannya, Gurbernur Ansar menjelaskan, upaya untuk memperindah wilayah akau ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang dan CSR Bank Riau Kepri Syariah. Batu prasasti sebagai tanda diresmikannya bangunan ini nantinya akan ditempatkan di halaman depan masjid.

"Anggaran yang kita gunakan untuk menata wilayah akau dan Masjid kita ini adalah bersumber dari APBD Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang dan juga CSR BRK Syariah, kalau wilayah akaunya cantik, masjidnya tidak indah tidak juga memberikan daya tarik, maka kita telah merevitalisasi Masjid Al Muhajirin yang beralamat di Jl. Potong Lembu ditahun 2023 sebesar 3,25 miliar," ujar Ansar, dalam sambutannya.

Masih kata Gubernur Kepri, pada tahun 2024 ini ditambah lagi Rp 525 juta, karena penataan kawasannya belum selesai. Biasanya tiap tahun Pemprov Kepri juga mendapatkan CSR dari Bank Riau Kepri Syariah baik Pemerintah Provinsi maupun Kota Tanjungpinang membantu memfasilitasi secara cepat dan memberikan dukungannya senilai Rp 1,2 miliar maka hari ini selesailah masjid Almuhajirin ini.

"Saya berharap masyarakat setelah tersedianya Masjid yang indah ini, pelihara Masjid ini sebagaimana kita memelihara dan menjaga rumah kita bahkan lebih dari itu, manfaatkan masjid ini semaksimal mungkin karena Masjid tidak hanya tempat salat 5 waktu tapi Masjid tempat pembinaan umat, juga untuk melahirkan pemimpin-pemimpin kita di masa depan," tutupnya.

Direktur Operasional Bank Riau Kepri Syariah, Said Syamsuri, menjelaskan masjid yang dibangun merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Daerah melalui dana CSR BRK Syariah ini sebagai bentuk komitmen bank untuk terus berperan aktif dalam pembangunan sosial dan spiritual di Kepulauan Riau.

"Kami percaya bahwa pembangunan infrastruktur keagamaan seperti masjid ini dapat menjadi sarana penting untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat," jelasnya.

Said berharap dengan pembangunan Masjid Al Muhajirin ini diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan umat Islam di sekitarnya, terutama menjelang hari-hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha. "Sejalan dengan Visi Bank Riau Kepri Syariah mewujudkan Bank Syariah yang inklusif, resilient, dan modern, pilihan utama masyarakat yang berkontribusi signifikan terhadap pembangunan daerah berkelanjutan. untuk berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun spiritual. Dengan adanya masjid ini, kami berharap bisa memberikan manfaat yang besar bagi umat di wilayah ini," tutup said.

Dalam peresmian ini, tampak hadir pejabat dari BRK Syariah Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan, Edi Wardana, Branch Manager Tanjung Pinang Pamedan, Syahrul, Branch Manager Bintan, Imam Hadi Suryono, Pemimpin Cabang Pembantu Tanjungpinang Bintan Center, Desrian.

Warga sekitar menyambut baik peresmian masjid ini, salah satunya Wira seorang pemuda asli Kota Tanjungpinang, yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Bank Riau Kepri Syariah atas dukungan pembangunan ini.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya masjid ini. Selain menjadi pusat ibadah, kami berharap masjid ini juga bisa menjadi tempat untuk berbagai kegiatan positif yang menguatkan iman dan ukhuwah," ujarnya.

Editor: Gokli