Polisi Tangkap 7 Pelaku Provokasi Ancaman pada Paus Fransiskus di Media Sosial
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-09-2024 | 13:44 WIB
Kombes-Aswin1.png
Juru bicara Densus 88 Antiteror, Kombes Aswin Siregar. (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap tujuh orang terkait dugaan provokasi dan ancaman terhadap Paus Fransiskus menjelang kunjungannya ke Indonesia.

Para pelaku ditangkap di berbagai wilayah, antara lain Bangka Belitung, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Juru bicara Densus 88 Antiteror, Kombes Aswin Siregar, menjelaskan tujuh tersangka ini melakukan provokasi melalui komentar di media sosial yang berisi ancaman bom hingga pembakaran gereja.

"Dilaksanakan penegakan hukum terhadap tujuh orang pelaku di Bangka Belitung, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Barat yang melakukan provokasi di media sosial terkait kedatangan Paus ke Jakarta," ungkap Kombes Aswin, Jumat (6/9/2024), demikian dikutip laman Humas Polri.

Ketujuh pelaku yang ditangkap berinisial HFP, LB, DF, FA, HS, ER, dan RS. Mereka terlibat dalam berbagai bentuk provokasi di media sosial, mulai dari seruan ancaman bom, serangan fisik, hingga pembakaran tempat ibadah.

Aswin juga menjelaskan, proses hukum terhadap pelaku dilakukan dengan melibatkan beberapa institusi kepolisian daerah bersama dengan Densus 88. Penangkapan ini menunjukkan kesiapan aparat keamanan dalam mencegah potensi ancaman teror yang beredar di dunia maya, terutama dalam momen penting seperti kunjungan pemimpin agama dunia. Semua pelaku kini tengah menjalani proses hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Berikut keterlibatan 7 pelaku tersebut:

1. HFP ditangkap di Bogor, Jawa Barat

Keterlibatan:

a. Menyerukan untuk melakukan dokumentasi dan mempelajari protokol keamanan Istiqlal menjelang kunjungan Paus ke Jakarta

b. Berencana mengirimkan orang untuk mengecek protokol keamanan Istiqlal

2. LB ditangkap di Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Keterlibatan:

Mengunggah narasi provokasi dengan memberikan gambar bom di kolom komentar di salah satu akun media sosial Instagram yang memberitakan perihal kedatangan Paus ke Jakarta

3. DF ditangkap di Rawalumbu, Bekasi

Keterlibatan:

Menyampaikan narasi provokasi untuk melakukan serangan terhadap kegiatan kunjungan Paus ke Jakarta

4. FA ditangkap di Bekasi Timur, Kota Bekasi

Keterlibatan:

Menyampaikan provokasi di media sosial untuk membakar tempat peribadatan (gereja) saat kunjungan Paus ke Jakarta.

5. HS ditangkap di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung

Keterlibatan:

Menyerukan narasi provokasi di kolom komentar akun Youtube Komsos Konferensi Wali Gereja Indonesia sebagai berikut: "saya akan bom Paus..saya terorist...hati-hati saja...tunggu kabar yeee".

6. ER ditangkap di Cibitung, Kabupaten Bekasi

Keterlibatan:

a. ER, yang menggunakan akun akun Abu Mustaqim, berkomentar di Facebook dengan kalimat provokasi yakni:...BBBOOOMMM...!!! sebagai tanggapan atas khutbah Paus Fransiskus yang akan Khutbah di Masjid Istiqlal

b. Berbaiat kepada ISIS pada 2014 dan memiliki keinginan untuk hijrah

7. RS ditangkap di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat

Keterlibatan:

Melakukan provokasi di media sosial TikTok pada 5 September 2024 pukul 16.12 WIB dengan narasi ancaman untuk melakukan penembakan terhadap Paus sebagai berikut: "gw dah di istana mau nembak si Paus".

Editor: Gokli