Sisternet Festival 2024, XL Axiata Targetkan 1 Juta Perempuan untuk Pemberdayaan Digital
Oleh : Istimewa
Jumat | 23-08-2024 | 20:04 WIB
Sisternet-XL1.jpg
Pembukaan Festival Sisternet 2024, Kamis (22/8/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan dukungan bagi kemajuan Perempuan Indonesia untuk #JadiLebihBaik. Kali ini, komitmen tersebut terwujud lewat gelaran "Sisternet Festival 2024" dengan mengusung tema "Perempuan Masa Depan, Perempuan Kolaboratif". Sebuah rangkaian program terbaru dari Sisternet yang bertujuan memberdayakan 1 juta perempuan Indonesia.

Berlangsung di XL Axiata Tower, Jakarta, pada Kamis, (22/8/2024), acara ini dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga (secara daring), Presiden Direktur & CEO XL Axiata sekaligus founder Sisternet, Dian Siswarini, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dan Group CEO Arya Noble (Holding Erha Clinic Group), Alfons Sindupranata.

"Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif yang diambil oleh XL Axiata dalam mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI berkomitmen untuk terus mendorong dan mendukung berbagai program yang bertujuan untuk memajukan perempuan, termasuk kolaborasi dengan sektor swasta seperti XL Axiata," ujar Bintang Puspayoga.

Menurut Bintang, program-program seperti Sisternet, yang menyediakan edukasi, pelatihan, dan akses teknologi, merupakan langkah penting dalam membantu perempuan mengembangkan diri, karir, bisnis dan usaha mereka. Dukungan Kemen PPPA terhadap inisiatif ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung, di mana perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil dan berkontribusi secara maksimal dalam perekonomian.

Untuk itu, Bintang mengajak semua pihak yang perduli dengan upaya pemberdayaan perempuan Indonesia untuk terus berusaha memastikan bahwa setiap perempuan di Indonesia memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan untuk mencapai kesuksesan.

Sementara itu, Dian Siswarini, mengungkapkan, hari ini, melalui Sisternet Festival 2024, kami merayakan sebuah langkah besar dalam mendukung pemberdayaan 1 juta perempuan Indonesia.

"Di XL Axiata, kami percaya bahwa teknologi dan inovasi dapat menjadi kekuatan pendorong untuk perubahan positif. Festival ini bukan hanya tentang menyediakan akses informasi dan edukasi, tetapi juga tentang membangun jaringan dan kesempatan yang dapat menginspirasi perempuan untuk mencapai potensi penuh mereka," ujar Dian.

Menurut Dian, Sisternet Festival 2024 ini diadakan sebagai bagian dari komitmen terhadap kemandirian ekonomi perempuan Indonesia, selaras dengan lima isu prioritas yang diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, program-program yang dihadirkan di Sisternet Festival 2024 adalah bentuk dukungan nyata XL Axiata dalam menciptakan ekosistem digital yang lebih inklusif, dan berdaya saing bagi 1 juta perempuan Indonesia.

Dian menambahkan, komitmen XL Axiata tersebut terwujud antara lain berupa penyediaan akses pendidikan, pelatihan, dan jaringan untuk membantu perempuan mengembangkan keterampilan, memperluas bisnis, dan memanfaatkan teknologi untuk mencapai kesuksesan. Melalui Festival Sisternet, XL Axiata berharap dapat membuka lebih banyak peluang dan memotivasi perempuan Indonesia untuk meraih potensi penuh mereka dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi digital Indinesia.

Sementara itu, Group CEO Arya Noble (Holding dari ERHA Clinic Group), Alfons Sindupranata, menambahkan, "Kami mengapresiasi dan mendukung sekali kegiatan Sisternet Festival 2024 ini. Kami harapkan dengan adanya kolaborasi bersama ERHA di tahun ini dapat membuat perubahan yang lebih baik untuk pemberdayaan perempuan di Indonesia Bersama XL Axiata."

Program Sisternet Festival 2024 menghadirkan lebih dari 10 kelas talk show dan masterclass dengan beragam topik yang akan memberikan gambaran apa saja yang akan menjadi potensi dan tren di 2025. Beberapa di antaranya adalah kelas yang membahas kekerasan berbasis gender, digital marketing, content creator, finansial, fotografi, dll. Kemudian dari Grab Indonesia mengisi kelas edukasi tentang strategi ongkir melalui program Klub Juragan GrabExpress, hingga memperkenalkan program jangka panjang dalam memberdayakan karyawan, Mitra Pengemudi, Mitra Merchant perempuan, hingga memperkenalkan program jangka panjang dalam edukasi women drivers.

Sisternet Festival 2024 didukung oleh mitra-mitra terkemuka seperti Grab Indonesia, KemenPPPA, ERHA truwhite, ERHA Ultimate, Amber Beauty Salon, dan Bank OCBC. Acara ini terbuka untuk seluruh perempuan Indonesia, termasuk komunitas Sisternet, lembaga masyarakat rekanan Kementerian PPPA, serta berbagai komunitas seperti FUZZ, UI Women in Business, dan Ibu Hebat. Untuk bergabung dalam Sisternet Festival 2024, perempuan Indonesia dapat mendaftar melalui aplikasi Sisternet. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui sisternet.co.id atau Instagram Sisternet.

Kompetisi Modal Pintar 2024

Setelah sukses menggelar Kompetisi Modal Pintar 2023, Sisternet bekerjasama dengan Grab Indonesia, Erha Truwhite, Erha Ultimate, dan FUZZ Creative Agency kembali menggelar program yang serupa di tahun ini. Program ini merupakan upaya yang dilakukan untuk mendorong peningkatan literasi digital di kalangan perempuan pemilik dan pengelola Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. XL Axiata meyakini, pemanfaatan sarana dan teknologi digital akan bisa mempercepat UMKM perempuan untuk lebih berdaya, produktif, dan naik kelas. Salah satu cara untuk mendorong peningkatan literasi digital tersebut adalah dengan kembali menyelenggarakan Kompetisi Modal Pintar 2024.

Kompetisi Modal Pintar 2024 oleh Sisternet memberikan kesempatan kepada kalangan perempuan pemilik UMKM untuk mengikuti beragam kelas keahlian digital yang diperlukan untuk pengembangan usaha. Selain itu, kompetisi ini juga memberikan tantangan kepada peserta untuk berani mengambil peluang bisnis berupa hasil modal usaha sebesar total Rp 100 juta, plus pendampingan dari sejumlah ahli untuk mengembangkan usaha mereka.

Untuk dapat mengikuti Kompetisi Modal Pintar 2024 ini, para peserta wajib melakukan pendaftaran melalui aplikasi Sisternet, dengan cara submit artikel rencana, mengikuti seluruh rangkaian kelas pelatihan atau webinar, serta membuat rencana bisnis selama dua tahun ke depan.

Program Bonus Kuota Sisters untuk 1 Juta Perempuan Indonesia

Sisternet Festival 2024 juga mengenalkan program Bonus Kuota Sisters di myXL untuk Perempuan Indonesia. Program ini lahir dengan melihat tingginya kesenjangan digital antara berbagai kelompok masyarakat, termasuk antara laki-laki dan perempuan. Akses yang terbatas ke internet dapat membatasi kesempatan bagi perempuan untuk terlibat dalam pendidikan, pekerjaan, dan kewirausahaan secara efektif.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan melalui teknologi. Menyediakan akses internet yang luas kepada satu juta perempuan di Indonesia untuk mendukung kegiatan pendidikan, pekerjaan, dan keterlibatan sosial mereka. Akses ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Termasuk akses yang dibutuhkan untuk memasarkan produk mereka dan menjangkau pelanggan secara lebih luas.

Untuk memperoleh manfaat dari program ini, pelanggan, khususnya perempuan Indonesia, cukup mengunduh aplikasi Sisternet dan mendaftar untuk menjadi anggota program Sisternet. Setelah itu, dapat langsung melakukan redeem kuota melalui banner yang terdapat di halaman depan aplikasi Sisternet. Kuota akan otomatis bertambah ke masing-masing nomor XL atau AXIS pelanggan. Program ini berlangsung sejak Juli hingga Desember 2024.

Female Future Leader

Sisternet juga memperkenal program terbarunya, Female Future Leader. Program ini merupakan inisiatif yang dirancang untuk memberdayakan dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan perempuan, khususnya mahasiswi di Indonesia. Program ini merupakan bagian dari komitmen XL Axiata untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perempuan dalam berbagai bidang, terutama dalam konteks kepemimpinan dan kewirausahaan.

Program ini antara lain bertujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan para pesertanya, meningkatkan keterampilan profesional, memotivasi, hingga membangun jaringan profesional para pesertanya. Nantinya, para pesertanya akan dibekali dengan pelatihan dan workshop, mentoring, hingga praktik secara langsung.

Editor: Yudha