Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Dikabarkan akan Ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar
Oleh : Redaksi
Minggu | 11-08-2024 | 15:04 WIB
agus_gimwang.jpg
Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurdin Halid menyatakan, hingga kini belum ada yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas Ketua Umum Partai Golkar, menyusul pengunduran diri Airlangga Hartarto.

"Belum, belum, plt harus melalui rapat pleno DPP (Dewan Pimpinan Pusat)," kata Nurdin di Jakarta, Minggu (11/8/2024).

Nurdin, saat ditanya mengenai jadwal rapat pleno DPP Partai Golkar, mengatakan sampai saat ini belum ada jadwal yang ditetapkan. Belum ada, belum, belum," katanya.

Informasi yang beredar di kalangan jurnalis menyebutkan politikus Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, yang juga Menteri Perindustrian (Menperind) RI, akan ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar. Namun, hingga kini belum ada petinggi Golkar yang membenarkan kabar tersebut.

Namun, beberapa petinggi Partai Golkar menyebut pengurus pusat partai menjadwalkan rapat pleno berlangsung pada Selasa (13/8/2024) untuk menentukan pelaksana tugas (plt) ketua umum dan tanggal musyawarah nasional (munas) atau musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar Agung Laksono menyebut informasi itu dia terima dari Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Erwin Aksa.

"(Rapat, red) untuk tentukan plt ketum (ketua umum) dan jadwal munas atau munaslub," kata Agung Laksono kepada wartawan.

Golkar menjadwalkan rapat pleno itu setelah Airlangga Hartarto mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai ketua umum DPP Partai Golkar pada Minggu.

Dalam rekaman video yang disiarkan Partai Golkar, Airlangga menyebut pengunduran dirinya terhitung sejak Sabtu (10/8/2024) malam.

Dengan demikian, posisi ketua umum itu perlu segera diisi oleh seorang pelaksana tugas yang ditentukan dalam rapat pleno pengurus pusat partai.

"Dalam rapat pleno nanti, yang akan digelar dalam waktu dekat sehubungan dengan pengunduran diri ketua umum dan ini sekarang sedang mau pilkada (pemilihan kepala daerah) ya, pilkada itu yang ditetapkan oleh partai, harus ditandatangani oleh ketua umum dan sekjen (sekretaris jenderal) definitif, jadi tetap akan diadakan munas," kata Agung Laksono.

Dia melanjutkan untuk nama-nama yang akan ditunjuk partai tentu akan mengikuti hasil rapat pleno, termasuk kemungkinan Agus Gumiwang menjadi plt ketua umum.

Agus Gumiwang yang merupakan politikus Partai Golkar dan saat ini juga menjabat menteri perindustrian, dikabarkan sebagai kandidat kuat menjadi plt ketua umum.

"Ada suara seperti itu (Agus Gumiwang menjadi plt), tentu dari rapat pleno ke munasnya nanti. Rapat pleno minggu depan itu ke munas, itu suara-suara sangat menguat pengurus DPP yang (mengusulkan, red) Pak Agus Gumiwang Sasmita sebagai plt, (kemudian) pada munasnya sebagai ketua umum yang baru," kata Agung.

Editor: Surya