Pria Diduga ODGJ Rusak Fasilitas Rumah Ibadah di Sagulung
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 11-08-2024 | 19:33 WIB
1108_odgj-serang-rumah-ibadah_0239434.jpg
Petugas kepolisian tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Vihara Drarma Murni, Kavling Lama, Kecamatan Sagulung. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pria diduga dengan gangguang jiwa (ODGJ), inisial Ar, merusak fasilitas tempat ibadah di Vihara Drarma Murni, Kavling Lama, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, pada Kamis (8/7/2028) sekitar pukul 21.00 WIB.

Pelaku yang berpakaian serba hitam itu juga sempat menyerang pengujung dan penjaga Vihara menggunakan sebilah parang. Beruntung aksi pelaku tak memakan korban jiwa maupun luka-luka. Namun beberapa patung dan perlengkapan rumah ibadah Vihara Drarma Murni di bagian luar pecah karena amukan pelaku.

Menurut Penya, penjaga Vihara, pelaku yang diduga mengalami gangguan jiwa itu masuk tiba-tiba ke lokasi vihara dengan pakaian serba hitam serta menutupi wajahnya dengan balutan kain hitam menenteng sebilah parang langsung melakukan pengrusakan.

"Kami coba cegat tapi dia malah menyerang kami. Kami menghindar dan dia langsung merusak lagi patung dan meja-meja lilin dan dupa yang ada di depan ini," kata Penya.

Kejadian ini langsung ditanggapi oleh Kapolresta Barelang Kombes Heribertus Ompusunggu dan jajarannya yang langsung mendatangi lokasi kejadian. Selang tak berapa lama, pelaku langsung diamankan tim Jatanras Polres Barelang untuk didalami lebih lanjut.

"Saya tegaskan, kejadian ini tidak ada sangkut paut dengan singgungan antar umat beragama. Ini murni pelaku kejahatan yang dilakukan oleh orang yang kita duga kuat memiliki gangguan jiwa. Akan kami periksa kejiwaannya," ujar Ompusunggu di lokasi kejadian.

Untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan menyebarnya informasi yang tidak benar, Kapolresta dan jajarannya langsung duduk bersama dengan tokoh lintas agama wilayah Sagulung untuk memastikan bahwa kejadian ini tidak ada kaitan dengan isu keagamaan ataupun suku dan RAS.

"Saya tegaskan sekali lagi, ini pelaku sendirian dan diduga kuat mengalami gangguan jiwa," tegas Kapolresta Barelang Kombes H. Ompusunggu lagi.

Editor: Surya