Irman Gusman Dipastikan Jadi Salah Satu Anggota DPD RI Mewakili Sumbar Usai PSU
Oleh : Redaksi
Minggu | 21-07-2024 | 17:32 WIB
irman_gusman_4.jpg
Mantan Ketua DPD RI Irman Gusman saat terjerat kasus korupsi beberapa waktu lalu (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Padang - Mantan Ketua DPD RI Irman Gusman dipastikan kembali ke Senayan menjadi salah satu anggota DPD RI mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Irman memperoleh 176.987 suara dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang berlangsung 13 Juli 2024 lalu.

Kepastian tiket Irman itu diperoleh berdasarkan hasil rekapitulasi suara PSU DPD RI yang dilakukan KPU Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (20/7/2024).

Setelah dinyatakan sebagai salah satu pemenang PSU, Irman menyampaikan terima kasih kepada KPU dan masyarakat Sumatera Barat.

"Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih kepada KPU Provinsi Sumatera Barat yang telah berhasil melakukan rekapitulasi dengan lancar sesuai skedul. Ini merupakan sebuah prestasi luar biasa, karena dalam waktu singkat bisa menyelenggarakan PSU. Gak mudah itu (melaksanakan PSU), jadi kita harus memberikan apreasiasi kepada KPU," kata Irman Gusman.

"Kemudian, saya juga perlu menyampaikan kepada masyarakat Sumatera Barat, karena walaupun tidak ada kampanye dan dalam waktu yang relatif terbatas, tapi masih mempercayakan suaranya dan memberikan amanah kepada saya untuk menjadi wakil daerah di Senayan nantinya, bersama rekan saya 3 lainnya," tambahnya.

Mantan Ketua DPD RI itu memuji, PSU yang dilakukan di Sumatera Barat merupakan PSU yang luar biasa dan bersejarah. Pelaksanaannya juga membawa berkah bagi masyarakat, karena ada Rp 350 Miliar lebih alokasi anggaran yang masuk Sumatera Barat.

"PSU yang luar biasa dan bersejarah di republik ini. Tentu membawa berkah, dana APBN untuk KPU bisa masuk Rp 360 Miliar dan dana melalui Bawaslu juga 40 Miliar. Ini mampu menghidupkan ekonomi masyarakat di Sumatera Barat," katanya.

Irman berjanji akan menjaga kepercayaan yang diberikan tersebut.

"Kita akan jaga dan pelihara kepercayaan ini. Mudah-mudahan kami bisa menjadi penyambung lidah Sumatera Barat di tingkat nasional dan menjadi penghubung pusat dan daerah. Dengan kerjasama pemerintah provinsi dan stakeholder lain, kita akan berkolaborasi untuk supaya Sumatera Barat menjadi lebih baik lagi," katanya lagi.

Dari hasil rekap, Irman tercatat memperoleh176.987 suara. Ia berada di bawah perolehan suara Ustadz Jelita Donal yang meraup suara sebanyak 187.765 dan Muslim M Yatim yang memperoleh 199.919 suara.

Sedangkan suara tertinggi diperoleh Cerint Iralloza Tasya. Dokter muda yang baru berusia 21 tahun itu memperoleh suara 283.020 suara.

Cerint mengalahkan dan menyingkirkan nama-nama besar yang selama ini duduk sebagai anggota DPD-RI asal Sumatera Barat, yakni Emma Yohana yang usai PSU menduduki posisi keenam dengan perolehan 122.547 suara, serta Leonardi Harmainy yang kali ini hanya mendapatkan 34.674 suara.

PSU dilakukan di17.569 TPS yang ada di 19 kabupaten kota atau di seluruh Sumatera Barat. PSU dilakukan atas perintah Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 03-03/PHPU.DPD-XXII/2024 yang memerintahkan KPU untuk melaksanakan PSU Pemilihan DPD RI Sumatera Barat (Sumbar) dengan mengikutsertakan pemohon atas nama Irman Gusman.

Irman menggugat, karena namanya dicoret dari daftar peserta pada Pemilu 14 Februari 2024 silam. Padahal, namanya muncul dalam Daftar Calon Sementara (DCS), setelah melakukan pendaftaran sesuai prosedur.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Surya