Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Raja Heri Muchrizal Diusulkan Jadi Ketua DPC Hanura Batam ke DPP Hanura
Oleh : Adly
Senin | 15-07-2024 | 12:24 WIB
Bakti-Lubis.jpg Honda-Batam
Ketua DPD Hanura Kepri, Bakti Lubis, saat menggelar konferensi pers terkait hasil Muscalub DPC Hanura Batam di Batam Center, Senin (15/7/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - DPD Hanura Kepri menetapkan calon tunggal Ketua DPC Hanura Batam, Raja Heri Muchrizal untuk diusulkan ke DPP Hanura, menyusul Muscalub yang digelar pada Minggu (14/7/2024) tak membuahkan hasil.

Ketua DPD Hanura Kepri, Bakti Lubis, menyampaikan beberapa hal terkait hasil Muscablub pemilihan Ketua DPC Hanura Batam. Bahkan sejak awal dirinya memberikan kebebasan kepada semua Pengurus Anak Cabang (PAC) se-Batam untuk memberikan pendapat dalam Muscalub itu.

"Setelah saya menerima hasil Muscablub tentu saya melihat semuanya, apa yang menjadi rekomendasi, lalu hasilnya seperti apa," kata Bakti Lubis, saat konfrensi pers di Kantor DPD Hanura Kepri, Batam Center, Senin (15/7/2024) pagi.

Bakti melanjutkan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dari DPD, dan perlu disampaikan atas hasil pelaksanaan Muscablub yang baru saja selesai diselenggarakan. "Saya pikir, saya wajib melakukan beberapa hal penegasan tentang pelaksanaan Muscablub," ucap Bakti.

Pertama, Muscalub itu tidak dapat dilaksanakan sebagaimana yang menjadi amanat dan ketentuan di dalam Partai Hanura. Baik itu anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga, sekaligus yang menjadi ketentuan DPP Partai Hanura tentang calon yang sudah disetujui. "Kenapa saya sampaikan seperti itu? Sebab tidak membuahkan hasil. Justru yang ada keputusan dalam Muscalub untuk mengusulkan (nama) lagi, berharap banyak ada usulan calon lagi di Muscablub," bebernya.

Lanjutnya, dari awal dibukanya pencalonan Ketua DPC Hanura Batam, dari 12 PAC yang ada di Kota Batam, yang aktif hanya ada 10 PAC. Lalu dari 10 itu ada 6 PAC yang sudah memberikan keterangan tertulis dukungan.

"Karena itu, hanya ada itu, cuma ada calon tunggal yang kami terima hingga pelaksanaan Muscablub," imbuh Bakti.

Sampai hari ini, kata Bakti, tidak ada dukungan yang secara tertulis yang diterima oleh DPD Hanura Kepri, dan dianggap ini sudah lari jauh dari apa yang menjadi ketetapan partai.

Untuk itu, Bakti menegasakan, yang pertama selaku Ketua DPD Hanura Kepri, pihaknya akan mengambil alih pelaksanaan Muscab lanjutan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. "1-2 hari ke depan akan segera kami gelar. Pokoknya secepatnya kita akan laksanakan," tegasnya.

Hasil keputusan Muscablub sudah dianggap selesai, dan mendapatkan hasil Ketua DPC yang baru terpilih. "Tidak ada penambahan rekomendasi, karena dasarnya juga tidak ada. Surat keterangan tertulis dukungan untuk calon lain juga tidak ada dari PAC," tambahnya.

Ia kembali menegaskan keputusan DPP tidak mungkin berulang-ulang. Sehingga dalam waktu dekat ini akan segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK). Nantinya setelah dilakukan Muscablub lanjutan oleh DPD.

Pihaknya juga akan mengevaluasi bilamana ada PAC-PAC yang sikapnya tidak konsisten. Misalnya sudah memberikan dukungan, tetapi masih mengeluarkan dukungan rekomendasi untuk calon yang lain.

"Ini tidak boleh, di Partai tak seperti itu. Ini namanya tidak memiliki sikap, untuk itu hal seperti itu tidak dibolehkan di partai," ungkapnya.

Meskipun acara Muscablub pada Minggu (14/7/2024) lalu tidak sukses, karena munculnya calon baru di luar rekomendasi yang sudah diterima. "Meskipun berjalan dengan dengan baik. Saya juga hadir membuka dan menutup acara, meskipun pelaksanaanya tidak saya ikuti," katanya.

Berdasarkan laporan hasil Muscablub yang sudah ada ini, menurutnya hal ini tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. "Untuk itu, sekali lagi kami menegaskan bahwa tidak ada penambahan rekomendasi seperti yang diharapkan. Ini sudah final, hanya ada satu calon. Tinggal kita melaksanakan sesuai dengan ketentuan Partai, dan segera di SK kan," tegasnya.

Ke depan akan ada agenda selanjutnya Rapimda yang akan dilaksanakan. "Mudah-mudahan ini menjadi satu penegasan atas nama pimpinan partai, organisasi partai di tingkat DPD," sebutnya.

Untuk kondisi DPC di Batam saat ini, terdapat 10 PAC yang masih aktif. Pihaknya memastikan yang mendapatkan rekomendasi itu dijadikan sebagai Ketua DPC yaitu Raja Heri Muchrizal yang notabene secara kelembagaan memiliki restu yang resmi secara tertulis dari DPP, dan sekjen melalui proses formal, dan administratif.

Ia menambahkan, tidak ada nama lain secara tertulis yang diusulkan. Selanjutnya akan kembali disusun struktur, dan diharapkan DPC Partai Hanura Batam ini bisa lebih aktif.

"Sudah saya tanya, nama rekomendasi susulan itu belum menyatakan sikap ingin maju atau tidak. Ini sudah clear, hanya ada satu calon. Akan kami usulkan pada saat ini," tutupnya.

Editor: Gokli