BPW KKSS Kepri Bantu AC untuk Yayasan Kebudayaan Indera Sakti Penyengat
Oleh : Devi Handani
Minggu | 21-07-2024 | 15:04 WIB
bws_kepri_bantuan.jpg
Bantuan dua unit Air Conditioner (AC) untuk Yayasan Kebudayaan Indera Sakti Penyengat oleh BPW KKSS Kepri (Foto: Devi Handani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang-Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW KKSS) Kepulauan Riau (Kepri) memberikan bantuan dua unit Air Conditioner (AC) untuk Yayasan Kebudayaan Indera Sakti Penyengat.

Bantuan AC tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Ketua BPW KKSS Kepri, Bidang Pariwisata, Seni dan Budaya serta Pemuda dan Olahraga, Ashadi Selayar didampingi Wakil Ketua lainnya, Arifin Ahmad dan Sulbi, serta Wakil Sekretaris, Basok Ridwan kepada Ketua Yayasan Kebudayaan Indera Sakti Penyengat, Raja Malik, Minggu (21/04/2024).

Ashadi menjelaskan, bantuan dua unit pendingin ruangan itu merupakan bentuk kepedulian KKSS terhadap peninggalan para pejuang Melayu-Bugis di Kepri.

"Penyerahan ini mewakili Ketua KKSS Kepri Bapak Ady Indra Pawennari. Sumbangan berupa dua unit AC dalam rangka untuk memberikan kenyamanan di gedung yayasan ini," katanya.

Anggota DPRD Tanjungpinang itu melanjutkan, bantuan dari BPW KKSS Kepri itu juga sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi antara masyarakat Bugis dan Melayu.

Terlebih, Bugis dan Melayu merupakan dua suku besar di Kepri yang terkenal selalu seiring sejalan sejak dahulu.

"Ini juga untuk terus mempererat silaturahmi antara KKSS dengan masyarakat yang notabene juga keturunan Daeng Celak, tokoh dari Sulawesi Selatan," ujarnya.

Ia berharap, bantuan itu bermanfaat bagi masyarakat yang berkunjung ke Yayasan Indera Sakti, tempatnya manuskrip kuno peninggalan sejarah. Terutama, karya Raja Ali Haji.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kebudayaan Indera Sakti Penyengat, Raja Malik menyambut baik sikap peduli BPW KKSS Kepri tersebut.

Menurutnya, BPW KKSS Kepri termasuk pihak pertama yang menunjukkan kepeduliannya dalam kurun waktu tak kurang dari 10 tahun terakhir.

"Ini lembaga swasta yang mungkin tak banyak orang peduli. Tapi alhamdulillah, hari ini KKSS Kepri datang dan bersilaturahmi," ucapnya.

Ia mengapresiasi langkah BPW KKSS Kepri dalam pelestarian manuskrip serta kitab-kitab lama sebagai khazanah Melayu di Kepri.

Menurutnya, sumbangan dari BPW KKSS Kepri sangat berguna untuk ruang baca agar menjadi tempat yang nyaman.

"Sumbangan dua pendingin ruangan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami siapkan tempat untuk anak-anak bisa membaca dengan nyaman. Orang lain juga bisa membaca dengan ruangan yang layak. Luar biasa sekali," tambahnya.

Editor: Surya