KPU Bintan Sosialisasi Peran Media Sukseskan Pilkada 2024
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 02-07-2024 | 18:44 WIB
Sosialisasi-Peran-Pers1.jpg
Ketua PWI BIntan, Harjo Waluyo jadi narasumber kegiatan sosialisasi peran pers sukseskan Pilkada Bintan 2024. (Syajarul/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan gelar sosialisasi peran media dalam menyukseskan Pilkada Bintan 2024 pada Selasa (2/7/2024), di Hotel Onyx dan Villa Tanjunguban.

"Peran pers sangat berpengaruh, untuk menginformasikan segala tahapan pilkada 2024," ujar Syamsul, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Bintan.

Dijelaskan, dalam menghadapi Pilkada 2024 ini, KPU Bintan telah beberapa kali melakukan sosialisasi tahapan Pilkada. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pers yang ikut menyebarkan informasi kepada masyarakat.

"Kami harap sinergi antar media dan KPU dapat terus berlanjut, dalam menyampaikan informasi pemilihan kepala daerah," harap Syamsul.

Sementara itu, Ketua PWI Bintan, Harjo Waluyo yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan jurnalis harus netral dalam menyampaikan informasi. Tulisan dkemas menjadi berita tidak boleh memihak, harus benar-benar sesuai fakta yang terjadi.

"Jurnalis harus profesional, karya tulis yang kita kemas menjadi berita harus berimbang, tidak boleh bersifat meyudutkan atau memihak. Artinya tetap netral," ujar Harjo.

Harjo mencontohkan, meskipun nantinya ada perusahaan pers yang mendapatkan iklan dari satu pihak. Profesionalitas harus tetap terjaga, jangan sampai menghilangkan jati diri media itu sendiri.

"Saya mengingatkan kepada kita semua, agar tetap netral. Susana pilkada yang damai harus kita jaga bersama dalam menyukseskan pilkada 2024," timpal Harjo.

Editor: Yudha