Hasil Rumusan Rakernas V 2024

Megawati Soekarnoputri Kembali Didorong Pimpin PDIP Periode 2025-2030
Oleh : Redaksi
Minggu | 26-05-2024 | 19:32 WIB
megawati_antara.jpg
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas V PDIP di kawasan Beach City Stadium, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024). (Foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri kembali terpilih menjadi orang nomor satu di Partai Banteng. Hal itu berdasarkan hasil rumusan rapat kerja nasional (Rakernas) V 2024.

"Rakernas V partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDIP se-Indonesja memohon kesediaan Prof Dr megawati Soekarnoputri untuk diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDIP periode 2025-2030 pada Kongres ke-VI 2025," ujar Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam agenda Rakernas V PDIP di kawasan Beach City Stadium, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024).

Putusan itu merupakan poin rumusan ke-17, atau yang terakhir dalam naskah rumusan Rakernas V yang disampaikan oleh Puan.

Dalam kesempatan itu Puan menjelaskan bahwa Rakernas telah melakukan kajian yang mendalam mengenai berbagai permasalahan negara sehingga dibutuhkan kepemimpinan yang cermat.

"Rakernas V memandang pentingnya keteguhan kepemimpinan partai di dalam menghadapi transisi pemerintahan ke depan, oleh karena itu rakernas V partai memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDIP sesuai dengan ketentuan pasal 15 Anggaran Rumah Tangga PDIP unruk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintah," paparnya.

Diketahui, PDIP sendiri akan menggelar Kongres ke-6 pada 2025. Kongres menjadi forum tertinggi untuk partai berlambang kepada banteng itu.

Partai berlambang kepala banteng itu sendiri terakhir menggelar kongres pada 2019. Forum yang digelar di Bali tersebut menjadi tempat yang memandatkan kembali Megawati menjadi ketua umum partai.

"Kita akan melakukan konsolidasi organisasi partai dengan mengembalikan siklus kongres kembali ke tahun 2025," ujar Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah.

Jika mengacu pelaksanaannya pada 2019, seharusnya Kongres ke-6 akan digelar tahun ini. Namun pelaksanannya digelar tahun depan, karena 2024 menjadi momentum PDIP menghadapi pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Maka untuk kebutuhan konsolidasi dan pemantapan organisasi partai, mensukseskan agenda-agenda bangsa itu, maka kongres akan diputuskan akan dikembalikan dalam siklus lima tahunan di 2025 yang akan datang," ujar Basarah.

Editor: Surya