Polres Karimun Lakukan Tes Psikologi Terhadap 56 Personel Pemegang Senpi
Oleh : Freddy
Rabu | 22-05-2024 | 17:40 WIB
Tes-Psikologi-Karimun1.jpg
Personil Polres Karimun mengikuti tes psikologi pemegang senjata api. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menggelar kegiatan pelayanan psikologi berupa mapping, PKP/E-mental dan tes psikologi bagi anggota pemegang senjata api (senpi) dinas maupun yang akan mengajukan pinjam pakai senjata api, Rabu (22/5/2024).

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus yang diwakili oleh Kabag Sumda Polres Karimun AKP S. Binsar Samosir saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tes psikologi dilaksanakan dari pukul 09.00 wib sampai dengan selesai.

Adapun personel Polres Karimun yang mengikuti tes psikologi berjumlah 56 orang. Tes psikologi tersebut dibagi dalam empat kegiatan yaitu untuk konseling psikologi diikuti sebanyak 8 personel, PKP/E-Mental sebanyak 9 personel, mapping psikologi dan tes psikologi bagi anggota pemegang senjata api objek vital sebanyak 8 personel mapping psikologi dan tes psikologi bagi calon anggota/pemegang senjata api sebanyak 27 personel Polres Karimun.

"Tes psikologi yang dilakukan ini untuk mengetahui layak atau tidaknya anggota memakai dan menggunakan senjata api dinas," ujarnya.

Binsar menambahkan bahwa pelaksanaan tes psikologi bagi personel Polres Karimun ini bekerja sama dengan bagian psikologi Biro SDM Polda Kepri.

"Penggunaan senjata api dinas bukan untuk gagah gagahan namun digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan, tes psikologi akan dilakukan rutin setiap enam bulan sekali," ungkapnya.

"Dengan adanya tes psikologi terhadap anggota diharapkan mampu mengawasi dan mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api yang dipinjam pakai kan kepada anggota personel dan juga dapat mendukung tugas di lapangan," pungkasnya.

Editor: Yudha