Rangkaian Acara Cereative & Innovate Riau Islands Carnival 2023

Ratusan Masyarakat Antusias Ikuti Donor Darah BI Kepri di One Batam Mall
Oleh : Aldy
Sabtu | 26-08-2023 | 13:56 WIB
donor-darah-BI.jpg
Antrean masyarakat yang ingin mendonorkan darah dalam rangkaian acara Cernival 2023 yang digagas BI Kepri di One Batam Mall, Sabtu (26/8/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Donor darah, salah satu rangkaian acara Cereative & Innovate Riau Islands Carnival (Cernival) 2023 yang digagas Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri di One Batam Mall, diminati masyarakat Kota Batam, Sabtu (26/8/2023).

Antusias masyarakat Batam terlihat saat memadati acara donor darah yang diselenggarakan sejak pukul 10.00 WIB.

"Target kita 700 hingga 800 pendonor hari ini. Biasanya kalau BI yang adakan selalu ramai peminat. Di samping itu, kami menyiapkan berbagai souvernir cantik bagi pendonor," ujar Kepala Tim Manajemen Interen BI Kepri, sekaligus Ketua Panitia Donor Darah, Handrianus Paulus Asa di One Batam Mall.

Lanjut Hardianus, hasil dari donor darah masyarakat hari ini akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam. Diperkirakan lebih dari 400 kantong darah yang akan terkumpul hari ini.

"Dari semua yang daftar, tidak semua yang bisa diambil darahnya. Karena melalui beberapa pengecekan terlebih dahulu. Kalau dapat 400 kantong darah hari ini, itu sudah sangat membantu bagi PMI," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kepri, Suryono, menyebutkan sosial ini merupakan rangkaian dari program Cernival yang digagas BI Kepri. Di mana berbagai program telah berlangsung sebelumnya, mulai dari pekan QRIS hingga kegiatan lainya.

"Sekarang ini donor darah, setelah itu (hari ini juga) akan ada lomba yel-yel BI, termasuk kegiatan lomba olahraga. Ada 7 jenis olahraga yang akan kita perlombakan," jelas Suryono.

Suryono melanjutkan, adapun tujuan dari penyelenggaraan berbagai kegiatan BI ini adalah, bagaimana mendorong akselarasi ekosistem keuangan digital. Selain itu, sebagai daerah perbatasan, masyarakat Kepri terus bisa mencintai dan memahami serta peka terhadap Rupiah.

"Peningkatan penggunaan QRIS di Kepri sangat signifikan, Batam termasuk pengguna terbanyak. Frekuensi penggunaan QRIS mencapai 7 juta transaksi saat ini, dengan nilai nominal mencapai 1 triliun. Dan ini akan terus kita sosialisasikan dengan berbagai kegiatan," pungkas Suryono.

Editor: Gokli