Berbagi di Hari Raya Idul Adha, Kejari Batam Kurbankan 5 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 27-06-2023 | 14:56 WIB
kajari_batam-lihat-sapi-kurban-01.jpg
Kajari Batam Herlina Setyorini saat melihat hewan kurban yang akan di sembelih pada perayaan Idul Adha 2023. (Foto: Paskalis RH).

BATAMTODAY.COM, Batam - Momentum Idul Adha 1444 Hijriyah yang jatuh pada Kamis (29/6/2023), dimanfaatkan jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam untuk melaksanakan ibadah kurban. Sebanyak lima ekor sapi dan 4 ekor kambing akan disembelih untuk dibagikan ke masyarakat kurang mampu.

"Alhamdulilah, untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini, Kejari Batam akan menyembeli 9 ekor hewan, 5 ekor sapi dan 4 ekor kambing," kata Kajari Batam, Herlina Setyorini, Selasa (26/6/2023).

Herlina mengatakan, kegiatan penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu bentuk empati dari pihak Kejari Batam kepada warga masyarakat yang kurang mampu. Apalagi, melaksanakan kurban bagi yang mampu adalah wajib hukumnya.

"Dengan berkurban, insyah Allah apa yang telah diniatkan dapat diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Herlina.

Sementara Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejari Batam, Andreas Tarigan, mengatakan, daging hewan kurban yang akan disembelih nantinya didistribusikan ke warga kurang mampu. Di antaranya ke panti asuhan, marbot mesjid dan warga yang tinggal di ruli-ruli yang tersebar di beberapa wilaya di Kota Batam.

"Hewan kurban (5 ekor sapi dan 4 ekor) berasal dari keluarga kajari, para kasi dan pegawai Kejari Batam," tambah Andreas.

Idul Adha, kata Andreas, merupakan salah satu momen untuk bersukaria bagi umat Muslim, sekaligus meneladani ketaatan Nabi Ibrahim AS saat diperintah oleh Allah SWT untuk berkorban menyembelih anaknya. Namun karena ketaatan dan kepatuhannya, Allah berkenan menggantinya dengan hewan sebagai bentuk pengorbanan.

Momentum Idul Adha, kata Andreas lagi, diharapkan dapat membantu masyarakat yang tidak mampu serta menghadirkan wajah kejaksaan yang humanis dan bersinergi bersama masyarakat.

"Melalui ibadah kurban, saya berharap agar seluruh jajaran di Kejari Batam bisa memberikan suasana nyaman dan tenang serta terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan selama menjalankan tugas dan pekerjaan sehari-hari," pungkasnya.

Editor: Gokli