SDN 002 Sagulung Gelar Upacara HUT RI ke-77 dengan Pakaian Adat
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 17-08-2022 | 11:44 WIB
adonara-adat.jpg
Siswa dan Siswi SDN 002 Sagulung Berbusana Adat Khas Adonara saat Mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun, Rabu (17/8/2022). (Foto: Paskalis RH).

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022, SD Negeri 002 Sagulung, Kota Batam menyelenggarakan upacara bendera di halaman sekolah, Rabu (17/8/2022).

Momentum HUT RI ke-77 diperingati dengan cara yang unik. Mereka menggelar upacara bendera dengan menggunakan pakaian adat khas dari berbagai daerah oleh para guru dan peserta didik SDN 002 Sagulung.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, tampak sejumlah guru dan para siswa mengenkan busana adat antara lain dari Sumatera Barat, Minang, Melayu, Jawa bahkan ada juga siswa dan siswi mengenakan busana atau pakaian adat dari Adonara, Flores Timur, Provinsi NTT.

Kepala Sekolah SDN 002 Sagulung, Gusmawati, selaku penggagas mengatakan, peringatan upacara HUT Kemerdekaan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah ditujukan ke para peserta didik untuk mengingatkan mereka tentang identitas asli Bangsa Indonesia.

"Dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan ini, kita sengaja menampilkan pakaian adat dari berbagai daerah yang dikenakan para guru dan siswa agar di usia dini, mereka tidak lupa akan identitas asli Bangsa Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Yang artinya, berbeda-beda tetapi tetap satu," kata Gusmawati, usai mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-77 di SDN 002 Sagulung.

Meski begitu, kata dia, para peserta upacara tetap khidmat mengikuti perayaan upacara bendera. Pasalnya, selama prosesi upacara kemerdekaan tampak para siswa dan siswi yang antusias. Hal itu bisa dibuktikan dari peserta upacara yang didominasi oleh anak-anak.

Gusmawati menjelaskan, peringatan detik-detik Proklamasi dengan menggunakan pakaian adat merupakan salah satu upaya untuk membangun kebersamaan dan spirit untuk bangkit, meningkatkan semangat juang, semangat kebangsaan, dan rasa cinta akan Negara Kesatauan Republik Indonesia.

"Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 merupakan momentum kebersamaan demi Indonesia Maju, sebagaiman tema peringatan HUT Kemerdekaan RI Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat," ujar Gusmawati.

Sebelum puncak peringatan hari ini, kata Gusmawati, pihak SDN 002 Sagulung telah menggelar sejumlah rangkaian kegiatan perlombaaan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun.

Adapun beragam perlombaan itu, kata Gusmawati, di antaranya lomba menyanyi lagu hari kemerdekaan, baca puisi, balapan karung, memindahkan karet dengan sedotan, tarik tambang dan masih banyak perlombaan lainnya.

Menurut Gusmawati, tujuan lomba yang dipusatkan di halaman sekolah dan diikuti pelajar kelas I sampai VI itu, sebagai salah satu upaya untuk mengenang jasa para pejuang (Pahlawan) yang sudah membela tanah air ini dari para penjajah.

"Selain untuk mengenang jasa para pahlawan, melalui perlombaan ini juga diharapkan dapat menumbuh kembangkan rasa patriotisme anak didik," jelas perempuan berhijab ini.

Kegiatan perlombaan ini, kata dia, merupakan agenda rutin di SDN 002 Sagulung yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Ini merupakan salah satu momen untuk mengajarkan kepada peserta didik akan pentingnya makna persatuan dan kesatuan, kekompakan atau kebersamaan serta kesabaran dalam mencapai sebuah tujuan.

"Melalui lomba ini juga, kita ingin menanamkan pada mereka (anak-anak usia dini) bahwa untuk mencapai sesuatu itu perlu perjuangan," tutup Gusmawati.

Editor: Gokli