45 Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Kedalaman 12 Meter Perairan Pulau Labun
Oleh : Putra Gema
Rabu | 17-08-2022 | 10:08 WIB
pulau-labun.jpg
Proses pengibaran Bendera Merah Putih pada kedalaman 12 meter di Perairan Pulau Labun, Kecamatan Galang, Kota Batam, dalam rangka HUT RI ke-77, Rabu (17/8/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menginisiasi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut pada HUT RI ke-77 tahun 2022. Pengibaran Bendera Merah Putih itu dilakukan serentak di 77 titik se-Indonesia.

Pada kesempatan ini, Kota Batam turut berpartisipasi. Bahkan, Kota Batam merupakan titik ke-58 pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut, yang digelar di Perairan Pulau Labun, Kecamatan Galang, Rabu (17/8/2022).

Di Perairan Pulau Labun, Bendera Merah Putih dikibarkan pada kedalaman 12 meter oleh 45 penyelam yang terdiri dari prajurit Batalyon Infanteri 10/Marinir, Lantamal IV, Lanal Batam, Brimob Polda Kepri, Polairud Polda Kepri dan Pemadam Kebakaran BP Batam.

Danyonif 10 Marinir, Letkol Mar Briand Iwan Prang, mengatakan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut ini, mengusung tema 'Membangun Kejayaan Maritim Demi Kemajuan Bangsa dan Negara'.

"Dalam momen penting ini, kita merayakan apa yang telah diperjuangkan para pendahulu kita yang membuat kita masih bisa bernapas lega hingga saat ini dan kegiatan serentak di 77 titik ini merupakan inisiasi Kepala Staf TNI-AL," kata Iwan di Pulau Labun.

Letkol Iwan menjelaskan, Perairan Pulau Labun ditetapkan sebagai titik pengibaran sang pusaka mengingat lokasi tersebut memiliki arus yang tenang dan dinilai merupakan laut terjernih di wilayah Kota Batam.

"Peserta yang terlibat pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut pada 77 titik se-Indonesia sebanyak 833 personel. Untuk di Batam, jumlahnya 45 personel," tutupnya.

Editor: Gokli