Semarak Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Batam Gelar Berbagai Kegiatan Sosial
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 13-07-2022 | 14:00 WIB
Kajari-BTM-Setyorini.jpg
Kajari Batam, Herlina Setyorini. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menyongsong Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 yang jatuh pada Jumat (22/7/2022) mendatang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam punya cara unik dalam memperingatinya, dengan menggelar berbagai kegiatan lomba. Salah satunya, permaian Domino (Gaplek).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, Herlina Setyorini, peringatan HBA tahun ini akan diawali dengan Pembukaan Pekan Olahraga (POR) pada hari Minggu (17/7/2022).

"Pekan Olahraga yang diselenggarakan berupa jalan santai yang akan diikuti oleh seluruh Pegawai Kejari Batam beserta keluarga intinya," kata Herlina, Rabu (13/7/2022).

Selain jalan santai, kata Herlina, sejumlah rangkaian kegiatan perlombaan akan digelar untuk menyemarakan peringatan HBA ke-62. Di antaranya, pertandingan Tenis Meja Putra dan Putri, Badminton dan permainan Domino (Gaplek).

"Dari rangkaian kegiatan ini, permainan Domino (Gaplek) menjadi keunikan tersendiri. Sebab, permainan ini jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan di Kejaksaan lainnya," ujar Herlina.

Masih kata Herlina, peringatan HBA ke-62 dengan mengambil tema 'Kepastian Hukum, Humanis, Menuju Pemulihan Ekonomi' juga akan disemarakan dengan kegiatan bhakti sosial.

Bhakti sosial, kata dia, akan dilakukan dengan menggelar donor darah, mengunjungi panti asuhan dan panti jompo serta melakukan anjangsana dengan mengunjungi kediaman purna Adhyaksa (Pensiunan Adhyaksa) dan melakukan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP).

"Masih dalam rangkaian kegiatan HBA ke-62, Kejari Batam akan melakukan sosialisasi dan peresmian rumah Restorative Justice (RJ) di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam," tambah Herlina.

Seluruh rangkaian kegiatan ini, kata dia, dilakukan untuk membangun rasa persaudaran antara jajaran berserta keluarga, juga menghindari kegiatan yang sifatnya hura-hura dan pemborosan.

Herlina menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan HBA ini dikemas secara sederhana dan merakyat, namun dapat dimanfaatkan oleh segenap jajaran kejaksaan untuk meningkatkan pengabdian dan pelayanan publik guna mewujudkan kepercayaan masyarakat (public trust).

Dengan momentum HBA tahun ini, Herlina pun berharap ke depan langkah penegakan hukum yang dilaksanakan tetap berjalan dengan baik dan lancar serta dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kejaksaan sehingga menjadi lembaga yang kredibel.

Seperti yang kita ketahui bersama, sambungnya, institusi Kejaksaan merupakan salah satu titik sentral dari penegakan hukum di Indonesia. Oleh sebab itu, institusi Kejaksaan harus mampu menghasilkan produk hukum yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Selanjutanya, kata Herlina lagi, puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 akan dilakukan secara serentak pada 22 Juli 2022 mendatang. "Puncak acara akan dilakukan upacara peringatan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara syukuran dan rama tamah. Semoga ke depan kami semakin dikuatkan, semakin jaya dan solid, serta semakin profesional," pungkasnya.

Editor: Gokli