Dinkes Batam Buka Layanan Vaksinasi Booster untuk PPDN di Bandara Hang Nadim
Oleh : Aldy
Rabu | 13-07-2022 | 11:36 WIB
vaksin-boster-bandara.jpg
Gerai vaksinasi booster untuk PPDN di Bandara Hang Nadim Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan Kota Batam telah membuka gerai vaksinasi booster di Bandara Hang Nadim untuk pelaku perjalaan dalam negeri (PPDN), Rabu (13/7/2022).

Layanan vaksinasi booster di Bandara Hang Nadim, menyusul Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 21 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 dan SE Kemenhub nomor 70 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan PPDN dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, gerai vaksinasi di Bandara Internasional Hang Nadim masih sepi peminat, kemungkinan hal ini dikarenakan, calon penumpang mayoritas sudah melakukan vaksinasi dosis tiga (Booster). "Lantaran rata-rata penumpang sudah vaksin booster dan melengkapi persyaratan perjalanan, misalnya antigen ataupun PCR, bila belum lengkap vaksin," ujar Didi Kusmarjadi.

Faktor lainnya, masih menurut Didi, persyaratan perjalanan baru mulai diberlakukan pada 17 Juli 2022, sehingga saat ini gerai vaksin di Bandara masih sepi peminat. Pihaknya mengharapkan, gerai vaksin ini bisa bermanfaat untuk calon penumpang.

"Untuk saat ini baru di Bandara aja, di pelabuhan belum," kata Didi Kusmarjadi.

Didi melanjutkan, per hari Dinkes mengalokasikan 200 dosis vaksin booster untuk di Bandara Internasional Hang Nadim, dalam 1 vial vaksin booster bisa untuk 12 orang, sehingga apabila jumlah orang yang akan divaksinasi belum mencukupi, maka vaksin tersebut tidak dibuka.

"Vaksin itu kalau sudah dibuka, batasnya 3 jam saja. Jadi harus nunggu 12 orang dulu, tak boleh udah dibuka simpan di kulkas," jelasnya.

Senada, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Achmad Farchani mengatakan, untuk pengawasan kekarantinaan kesehatan, KKP melakukan pengawasan kelengkapan status vaksinasi. Dalam hal ini, Dinas Kesehatan memfasilitasi pelayanan vaksinasi on-site di Bandara Hang Nadim.

"Ada sentra vaksinasi booster di Bandara, bagi pelaku perjalanan yang membutuhkan," ujar Achmad Farchani melalui sambungan telepon, Rabu (13/7/2022).

Achmad Farchani menyebutkan, saat ini KKP sudah melakukan persiapan untuk menerapkan aturan terkait SE Kemenhub 70/2022. "Persiapan tanggal 17 Juli sudah oke, Batam sudah siap dengan aturan PPDN terbaru," pungkas Achmad Farchani.

Editor: Gokli