Kejari Batam Kurbankan 2 Ekor Sapi dan 3 Ekor Kambing di Idul Adha 1443 H
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 12-07-2022 | 11:48 WIB
2-sapi-3-kambing.jpg
Kejari Batam melakukan pemotongan lima hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 H pada Selasa (12/7/2022). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Momentum Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, dimanfaatkan jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam untuk ibadah kurban. Sebanyak dua ekor sapi dan tiga ekor kambing disembelih untuk dibagikan ke berbagai kalangan, baik internal hingga masyarakat umum.

Disaksikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batam, Herlina Setyorini dan seluruh Kepala Seksi (Kasi) dan para pegawai, lima ekor hewan kurban tersebut disembelih di depan Halaman Kantor Kejari Batam, Selasa (12/7/2022) pagi.

"Selamat Idul Adha bagi umat Muslim dan kita semua, mohon maaf lahir dan batin serta terima kasih buat seluruh warga Kejari Batam atas segala partisipasinya, sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik," kata Kajari Herlina Setyorini, di sela-sela pemotongan hewan kurban.

Kajari Herlina mengatakan, kegiatan penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu bentuk empati terhadap sesama manusia. Apalagi, melaksanakan kurban bagi yang mampu adalah wajib hukumnya.

Penyembelihan hewan dan pembagian daging kurban di Hari Raya Idul Adha 2022, sebut Herlina, karena pihak Kejaksaan juga ingin berbagi kepada masyarakat. "Dengan berkurban, Insyah Allah apa yang telah diniatkan dapat diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT)," ujar Herlina.

Pada dasarnya, kata Kajari, Institusi Kejaksaan juga merupakan bagian dari masyarakat yang terus hadir untuk membantu masyarakat agar tertib hukum karena tujuan hukum sendiri yaitu keadilan, kepastian dan kemanfaatan.

Momentum Idul Adha, kata Herlina, diharapkan dapat membantu masyarakat yang tidak mampu serta menghadirkan wajah kejaksaan yang humanis dan bersinergi bersama masyarakat.

"Melalui ibadah kurban, saya berharap agar seluruh jajaran di Kejari Batam bisa memberikan suasana nyaman dan tenang serta terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan selama menjalankan tugas dan pekerjaan sehari-hari," tambah Herlina.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Batam, Riki Saputra, menyampaikan, Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu moment untuk bersukaria bagi umat Muslim, sekaligus meneladani ketaatan Nabi Ibrahim AS saat diperintah oleh Allah SWT untuk berkorban menyembelih anaknya. Namun karena ketaatan dan kepatuhannya, Allah berkenan menggantinya dengan hewan sebagai bentuk pengorbanan.

Masih kata Riki, Hari Raya Idul Adha tahun ini pihaknya menyem­belih dua ekor sapi dan tiga ekor kambing untuk hewan kurban. Nantinya, kata dia, daging hewan kurban tersebut akan disalurkan ke beberapa panti asuhan, Lapas, Rutan serta beberapa warga di Rumah Liar (Ruli) dan para Pensiunan Jaksa (Purnaja) serta para staff dan pegawai di lingkungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam.

"Daging kurban yang dibagikan diharapkan dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan, di mana saat ini situasi masih dalam keadaan memprihatinkan yakni pandemi covid-19," pungkasnya.

Editor: Gokli