Rumah Belum Dialiri Air Bersih, Warga Sengkuang Mengadu ke DPRD Batam
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 20-06-2022 | 18:54 WIB
RDP-sengkuang1.jpg
Warga Sengkuang RDP di ruang rapat pimpinan DPRD Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Sungai Tering, Kelurahan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar Batam, mengadu ke DPRD Batam karena hingga kini rumah mereka belum dialiri air bersih.

Pengaduan warga disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), yang dihadiri oleh perwakilan BP Batam, PT Moya dan pihak kontraktor, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Batam Nuryanto, Senin (20/6/2022).

Menurut Ketua DPRD Batam yang sering dipanggil Cak Nur ini, di kawasan tersebut sudah terpasang fasilitas pengadaan air bersih oleh pihak pengelola dan kontraktor.

"Informasi yang kami terima, sejak tahun 2019, masyarakat di sana belum mendapatkan air bersih, sementara sarana dan prasarana sudah tersedia," ucap Nuryanto.

Cak Nur ini melanjutkan, belum terpasangnya saluran air bersih ke rumah warga, dikarenakan pihak kontraktor, PT Moya sebagai pelaksana dan pihak BP Batam belum mendapatkan titik temu.

"Dengan kedatangan warga ke DPRD, kita fasilitasi dalam forum RDP ini, meskipun tadi ada riak-riak sedikit, Alhamdulillah kita mendapatkan titik temu," ujar Cak Nur.

Politisi senior PDIP ini menjelaskan, dari hasil kesepakatan dari semua pihak yang hadir pada RDP hari ini, bahwa pemasangan air bersih ke rumah-rumah warga akan di realisasikan dalam seminggu ini. DPRD Batam meminta kepada PT. Moya sebagai mitra pelaksana dari BP Batam dan pihak ke tiga yaitu kontraktor, untuk mengatur masalah teknis di internal masing-masing.

"Pihak BP Batam, PT Moya dan kontraktor sudah setuju, dalam satu minggu ke depan sudah terpasang meteran air ke rumah warga," terang Cak Nur.

Terkait masalah bervariasinya masalah tarif pemasangan air bersih di Batam, Ketua DPRD juga minta kehadiran pemerintah untuk mengatur masalah tersebut.
"Hampir di seluruh Batam, beda-beda tarif pemasangan air bersih, ini harus dicari formulanya, pemerintah harus hadir dalam hal ini," kata Nuryanto.

Sementara perwakilan warga yang juga sebagai Ketua RW 21 kelurahan Tanjung Sengkuang kecamatan Batu Ampar, Rusdian mengatakan, warga berharap apa yang disepakati di dalam RDP ini bisa terealisasikan.

"Kami harap minggu depan warga sudah mulai menikmati air bersih, seperti yang dihasilkan dalam rapat hari ini," kata Rusdian.

Editor: Yudha