Jelang Idul Adha, 320 Ekor Sapi dari Lampung Tengah Tiba di Batam
Oleh : Paskalis Rianghepat
Senin | 20-06-2022 | 18:20 WIB
sapi-lampung1.jpg
Ratusan Hewan Kurban dari Lampung saat tiba di Pelabuhan Sekupang, Senin (20/6/2022). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna memenuhi kebutuhan hewan kurban saat hari raya Idul Adha, sebanyak 320 ekor sapi dari Lampung Tengah telah tiba di Kota Batam, Senin (20/6/2022). Tibanya ratusan hewan kurban tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan kurban tahun ini.

"Hari ini, sebanyak 320 ekor Sapi telah tiba di Kota Batam. Ratusan ekor sapi itu tiba dari Lampung Tengah di pelabuhan Beton, Sekupang," kata Ketua Komisi II DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin melalui sambungan selularnya.

Sebanyak 320 ekor sapi yang tiba di Kota Batam, kata Wahyu, merupakan kloter pertama dari 1000 ekor sapi yang dipesan oleh pemerintah untuk memenuhi permintaan masyarakat menjelang hari raya kurban (Idul Adha).

Ia mengatakan, pengadaan hewan kurban dari Lampung Tengah, sudah sesuai SOP terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti sejumlah hewan berkaki 4 saat ini.

"Koordinasi kedua daerah melalui dinas masing-masing, kita sudah lakukan sesuai standar, seperti penyemprotan disinfektan dan persyaratan lainnya sudah selesai, tinggal pengiriman hewan qurban itu bertahap. Insyaallah kebutuhan hewan kurban tahun ini terpenuhi untuk Batam," terang Wahyu.

Dikatakannya, DPRD Kepri bersama tim kesehatan hewan baik dari Pemprov Kepri maupun Pemko Batam, berada di daerah Lampung Tengah selama 3 hari. Hal tersebut guna memastikan terpenuhinya kuota hewan kurban dan bisa terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Komunikasi kita bagus di sana, sehingga target 3.000 ekor sapi bisa kita datangkan ke Batam," ujarnya.

Politisi PKS itu menambahkan, hewan kurban yang dipasok dari Lampung Tengah, untuk sampai ke Kepri sebanyak 3000 ekor sapi dan 14.500 ekor kambing.

"Saya tegaskan lagi, ini baru kloter pertama dari total hewan yang kita pesan. Yang lainnya akan menyusul,” ujar Wahyudi.

Wahyu menambahkan, sebanyak 3.000 ekor sapi dan 14.500 ekor kambing itu sesuai permintaan dari para pedagang hewan qurban melalui asosiasi.

"Jumlah itu merujuk dari kebutuhan tahun 2019, dengan situasi normal seperti saat ini, diperkirakan itu akan meningkat," tutupnya.

Editor: Yudha