Rektor Iteba Berganti, Siap Bersaing di Kancah Internasional
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 04-04-2022 | 10:01 WIB
iteba_foto-bersama-serah-terima-rektor-001122.jpg
Foto bersama dalam acara serah terima Rektor Iteba. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Institut Teknologi Batam (Iteba) terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang handal di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Berbagai terobosan telah dilakukan agar terus mencetak sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing di kancah intenasional. Terakhir, kampus di bawah naungan Yayasan Vitka ini menggelar acara serah terima jabatan rektor pada Sabtu (02/04/2022).

Rektor lama, Sukrisno Mardiyanto --yang telah berakhir masa jabatannya dan sementara digantikan oleh pelaksana tugas sementara yang dijabat oleh Alvidyan Virgarazman. Targetnya, ada rektor pengganti yang baru yang mampu membawa perubahan yang lebih maju ke depannya.

"Rektor memiliki masa jabatan selama lima tahun. Nah, kebetulan jabatan Pak Sukrisno sudah habis sejak Desember kemarin. Yayasan melakukan transisi jabatan, dan sementara rektor akan dijabat oleh Alvidyan sebagai pelaksana tugas. Pak Sukrisno ditarik ke Senat," ungkap anggota badan pelaksana kegiatan pergantian Rektor Iteba Benny Ardi.

"Ke depannya kita akan hunting pengganti rektor yang baru yang tentunya lebih fresh dalam usia ataupun skill agar lebih maju lagi kampus kita ini."

Pergantian rektor ini, kata Benny, tidak lain untuk lebih memantapkan kampus Iteba dalam menjawab tantangan SDM yang handal dan siap bersaing di kancah internasional. Selama ini Iteba sudah mampu bersaing dengan baik.

Belum lama ini, Iteba bahkan sudah melaksanan kerja sama dengan Rumah Sakit Badan Pengawasan Batam menjadi FTZ di bidang kesehatan.

"Sudah cukup baik di bawah pimpinan rektor sebelumnya, namun tetap harus diupgrade (mutu pendidikan). Bagaimanapun tantang teknologi ke depannya semakin berat. Butuh terobosan dan inovasi yang lebih lagi agar terus bisa bersaing. Kita harus betul-betul persiapkan SDM yang mumpuni baik di bidang teknologi ataupun pariwisata dan lain sebagainya," kata Benny Ardian.

Tirta Mulyadi, anggota badan pelaksana kegiatan yang lain, juga menyampaikan hal yang sama. Untuk dapat mewujudkan mutu pendidikan yang baik juga perlu dukungan dari semua pihak terutama pihak pemerintahan daerah ataupun pusat.

"Harus terus bersinergi kedepannya agar tujuan untuk mencetak SDM yang mampu bersaing bisa tercapai dengan baik," ujarnya.

Acara serah terima jabatan Rektor Iteba ini juga dihadiri Ketua Dewan Pembina Yayasan Vitka, yang juga Anggota DPR RI Asman Abnur.

Editor: Yudha