Kader Pemuda Pancasila Kaget Nama Wabup Lingga Jadi Carateker Bendahara MPW PP Kepri
Oleh : Aldy
Senin | 21-03-2022 | 19:33 WIB
Neko-C-Bendahara.jpg
Neko Wesha Pawelloy, saat menerima SK Carateker Bendahara MPW PP Kepri dan MPN pada Senin (14/3/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Nama Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy tiba-tiba muncul menjadi Carateker Bendahara Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Kepulauan Riau.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang beredar, Neko ditunjuk Majelis Pimpinan Nasional (MPN) menjadi Carateker pada Senin (14/3/2022) lalu. Mencuatnya nama Neko secara tiba-tiba menjadi Carateker menjadi buah bibir di tubuh MPW PP Kepri.

Khairul, salah seorang kader PP mengatakan, penunjukkan Neko ini cukup mengejutkan bagi sebagian keluarga besar PP di Kepri.

"Cukup kaget, ketika melihat SK ini diterbitkan. Karena nama dia (Neko) sama sekali tidak pernah muncul. Terlepaslah, Alias Wello (bapak Neko/mantan Bupati Lingga) kita kenal sebagai salah kader senior PP," kata Khaerul, Senin (21/3/2022).

Dijelaskannya, masuknya nama Neko bisa berpotensi merusak sistem kaderisasi yang sudah terbangun di tubuh PP itu sendiri, di mana kaderisasi selama ini sudah terbangun sesuai dengan aturan organisasi.

"Ujug-ujug muncul menjabat unsur pimpinan wilayah, hal ini bisa saja memunculkan kecemburuan bagi kader-kader lain yang telah bertahun-tahun membesarkan PP di Kepri," jelas Khairul.

Hal senada disampaikan Rahmad yang juga merupakan salah seorang pengurus PP. Meski ada previlege dengan menunjuknya Neko sebagai pengurus carateker PP Kepri karena statusnya sebagai pemimpin daerah, akan tetapi hal seperti ini bisa menimbulkan persoalan baru di rumah besar PP Kepri.

"Walau bertugasnya (Neko) hanya sementara waktu, hingga terselenggaranya Muswil PP. Tetapi hal ini akan menimbulkan persepsi baru. Bisa saja ini adalah cara Alias Wello untuk mensetting Neko untuk menduduki pucuk pimpinan MPW PP Kepri. Hal ini sudah menjadi pembicaraan internal kami," ungkapnya.

Untuk diketahui, penunjukkan pengurus carateker PP Kepri ini didasari gagalnya penyelenggaraan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-4 PP Kepri, yang sejatinya digelar 7-9 Maret 2022.

Dari SK MPN PP yang awak media lihat, dalam SK bernomor 742.A1/MPN-PP/III/2022, ditunjuk sebagai ketua Carateker Gunung Hutapea, sekretaris Edy Pohan Sitio, dan bendahara Neko Wesha Pawelloy.

Dalam surat yang ditandatangani Ketua MPN PP KPH H. Japto S Soerjosoemarno pada 14 Maret 2022, para pengurus Carateker ini bertanggung jawab untuk melaksanakan Muswil PP pada bulan Juni 2022.

Editor: Gokli