Pemerintah Pusat Segera Realisasikan Radar Canggih Jenis MS-2 di Natuna
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Senin | 21-03-2022 | 13:52 WIB
CLS-lagi1.jpg
Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan mengungkapkan, radar tercanggih jenis MS-2 untuk Natuna segera direalisasikan pemerintah pusat.

"Natuna segera dibentengi radar tercanggih MS-2. Radar ini bisa untuk fungsi pertahanan dan keamanan NKRI, juga bisa untuk ekonomi masyarakat dan daerah Natuna sendiri," kata Cen Sui Lan melalui sambungan telepon, Senin (21/3/2022).

Cen Sui Lan menjelaskan bahwa pada awal Maret 2022 lalu dirinya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna. Saat itu dirinya bersama Deputi BMKG Pusat, Guswanto meninjau lahan untuk pembangunan gedung BMKG Natuna.

Atas dasar itu, dirinya melakukan kordinasi dengan pemerintah pusat agar dapat menempatkan radar MS-2 di gedung BMKG Natuna ini.

"Pembangunan gedung tersebut dilakukan pada tahun anggaran 2022 ini. Dana pusat yang dialokasikan sebesar Rp 15 miliar. Laporan Pak Guswanto, proyek bangunannya masuk tahap lelang," ujarnya.

Gedung untuk penempatan radar MS-2 ini dibangun di lahan seluas 1 hektar. Setelah gedung itu dibangun, akan digunakan untuk penempatan radar MS-2.

"Kalau untuk pengadaan radar MS-2 ini juga lagi diproses. Radar ini berteknologi canggih. Selain sebagai dukungan terhadap FIR juga berfungsi kemaritiman dan fungsi pertahanan. Sekarang ini, kita akan menyediakan radar MS-2. Keberadaan radar MS-2 ini, wilayah Natuna dan Kepri akan dibentengi dengan radar canggih," tutupnya.

Editor: Yudha