Resmi Dilantik Jadi Ketua Lazisnu Batam, Buralimar: Organisasi Ini Terbuka untuk Semua Umat
Oleh : Paskalis RH
Jumat | 18-03-2022 | 19:52 WIB
lantik-buralimar.jpg
Kadispar Kepri, Buralimar saat dilantik menjadi Ketua Lazisnu Batam periode 2022-2027, Jumat (18/3/2022) di Hotel Baverly Nagoya. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar resmi dilantik menjadi ketua Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kota Batam masa Khidmat 2022-2027, di Hotel Baverly, Nagoya, Kota Batam, Jumat (18/3/2022).

Para Pengurus Lazisnu Kota Batam terpilih, secara langsung dilantik Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batam, KH Haerul Saleh.

Haerul Saleh mengatakan, acara pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Cabang (PC) NU Kota Batam nomor 009/KPTS/A-1/D.9/PCNU-BTM/1/2022.

"Kepada seluruh pengurus Lazisnu yang baru dilantik, Saya berpesan agar menjalankan amanah yang telah di percayakan sebaik mungkin. Jaga NU, Jaga Lazisnu dengan baik. Insyah Allah, Allah akan membukakan jalan untuk setiap program kedepannya," kata KH Haerul Saleh.

Sementara itu, ketua Lazisnu Kota Batam terpilih, Buralimar menyampaikan bahwa Lazisnu merupakan lembaga yang mengelola infaq dan sodaqoh keluarga besar NU dan nantinya akan kembali lagi untuk pengembangan NU dan masyarakat Batam pada umumnya.

Masih kata Buralimar, dirinya tertarik menjadi ketua Lazisnu karena ini merupakan salah satu lembaga yang didirikan NU untuk kepentingan umat secara keseluruhan. "Alhamdulilah, hari ini kami dilantik sebagai pengurus Lazisnu Kota Batam masa khidmat 2022-2027," kata Buralimar usai menjalani prosesi pelantikan.

Ia mengatakan tertarik menjalankan amanah ini karena NU merupakan organisasi terbuka. Bukan hanya untuk umat Islam tetapi untuk seluruh umat yang beragama apapun (Non Muslim), karena NU yang Rahmatan lil 'Alamin untuk seluruh alam.

Setelah dilantik, kata dia, dalam waktu dekat dirinya beserta para pengurus akan melakukan safari-safari ke setiap Kecamatan se-Kota Batam untuk melakukan sosialisasi terkait keberadaan Lazisnu di Kota Batam.

"Dalam pengumpulan zakat ini, Lazisnu tidak bisa bekerja sendiri. Kami harus bekerjasama dengan organisasi lain untuk kepentingan umat," imbuh Buralimar.

Dengan kehadiran Lazisnu, lanjut dia, diharapkan dapat meringankan beban umat di tengah pandemi Covid-19. "Pasca pelantikan ini, kami akan segera merealisasikan program kerja yang telah direncanakan oleh pengurus. Salah satu program kerja yang akan kita jalankan adalah pengelolaan bak sampah. Semua sampah, entah ditempat ibadah, sekolah-sekolah maupun ditempat lain pun kita angkut. Program ini untuk membantu pemerintah," tegasnya.

Untuk diketahui, berikut struktur pengurus Lazisnu Kota Batam.

Penanggung Jawab:

KH Haerul Saleh, Ketua PC NU Kota Batam

Dewan Pengawas:

Kyai Muhammad Nasir

Kyai Abdul Qodir

Ust Bahrulah Shodiq

Kyai Mustofa Ahyar

Ketua:

Drs Buralimar MSi

Wakil Ketua:

Nurfahmi Magid

Mustofa Salim

Sekretaris:

Imam Sofiyan Santun

Wakil Sekretaris:

Iqbal Halim

Bendahara:

Pahrurozi Dalimunte

Wakil Bendahara:

Rika Yulianis

Siti Masiam

Editor: Gokli