Kodim 0316 Batam Dirikan Kampung Pancasila di Kelurahan Belian Batam Center
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 16-03-2022 | 13:24 WIB
kp-pancasila-belian1.jpg
Pengguntingan pita tanda peresmian Kampung Pancasila di Kampung Belian, Kecamatan Batam Kota. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kodim 0316 Batam bersama Forkompinda Batam meresmikan Kampung Pancasila di Kampung Belian, kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Rabu (16/3/2022).

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad menyampaikan aspirasi kepada Kodim 0316 Batam yang menginisiasi didirikannya Kampung Pancasila, sehingga bisa menimbulkan rasa kebersamaan terhadap masyarakat, dimana masyarakat Batam termasuk masyarakat yang heterogen.

"Dengan adanya lingkungan seperti ini, diharapkan masyarakat dan pemerintah bisa menyamakan frekuensi, hal yang lebih besar bisa kita buat di Batam ini," ungkap Amsakar Achmad.

Dijelaskannya, dipilihnya Kampung Belian sebagai Kampung Pancasila sudah sangat tepat, di samping kampung tersebut termasuk kampung yang sudah sangat tua di Batam, masyarakatnya juga selalu mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan.

"Dipilihnya Kampung ini, saya kira sudah sangat tepat, masyarakat disini selalu mengedepankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terlebih dalam penyelesaian masalah, masyarakat menempuh jalan musyawarah mufakat," ujar Wakil Walikota Batam.

Kemudian Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan, Kampung Belian sudah memenuhi persyaratan untuk dijadikan Kampung Pancasila karena termasuk masyarakat yang religius, mempunyai toleransi dan saling menghargai satu dengan yang lain.

"Secara persentatif, kampung ini sudah memenuhi persyaratan untuk dijadikan sebagai Kampung Pancasila, masyarakat disini termasuk masyarakat yang religius, toleransi, menghormati satu dengan yang lain, termasuk kerukunan dan kebersamaan sudah mencerminkan sebagai Kampung Pancasila," ucap Nuryanto.

Komandan Kodim (Dandim) Batam, Letkol Kav Sigit Darma Wiryawan sebagai inisiator Kampung Pancasila menyampaikan, ada beberapa program yang akan dilakukan setelah peresmian hari ini. Program tersebut akan menyasar mulai dari anak-anak hingga dewasa, program yang utama menurut Dandim adalah pengenalan Pancasila secara menyeluruh dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk implementasi program tersebut, masyarakat disini akan bekerjasama dengan Babinsa kita, program tersebut bisa dilaksanakan di mesjid-mesjid, fasum atau posyandu, itu sesuai kesepakatan dengan masyarakat nantinya," terang Dandim.

Ditegaskannya, perbedaan adalah suatu kekuatan, tidak sedikit akan ada yang ingin memanfaatkan perbedaan atau mencari kelemahan dari perbedaan tersebut, maka dari itu perbedaan harus menjadi sebuah kekuatan, hal tersebut akan diimplementasikan di Kampung Pancasila ini, dan akan evaluasi setiap bulan, triwulan dan semester, akan ada Kampung Pancasila yang lain ditiap kelurahan, tidak hanya di kampung tua, kawasan yang tidak termasuk kampung tua juga akan dibuat Kampung Pancasila.

"Di kita perbedaan itu adalah suatu kekuatan, itu akan kita wujudkan di Kampung Pancasila ini, dengan dukungan semua elemen dan warga disini, kami optimistis ini akan menjadi kampung percontohan, dan akan ada Kampung Pancasila berikutnya, kita akan usahakan ditiap kelurahan ada Kampung Pancasila, tidak hanya di kampung tua" pungkas Dandim.

Editor: Yudha