Meresahkan, Truk Pengangkut Tanah di Sagulung dan Batuaji Segera Ditertibkan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 15-03-2022 | 12:20 WIB
kasat-lantas-ricky11.jpg
Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Ricky Firmansyah. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas kendaraan proyek khususnya truk pengangkut material tanah semakin marak terjadi di wilayah Tembesi Kecamatan Sagulung, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji dan Marina, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang.

Aktivitas hilir mudik truk pengangkut tanah untuk timbunan ini sangat mengganggu masyarakat, terutama pengguna jalan. Truk-truk itu kerap melanggar aturan dengan membawa melebihi muatan dan tanpa penutup saat melintas di jalan.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Ricky Firmansyah mengaku sudah melakukan penertiban bersama Dinas Perhubungan (Diahub) Kota Batam.

"Untuk penertiban di kawasan (Sagulung-Batuaji-Sakupang-red) tunggu dari Dishub," kata Ricky saat dijumpai di Kampung Restorative Justice Perdamaian Adhyaksa Tembesi Bengkel Kebun Rt 07/Rw 01 Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Selasa (15/3/2022) siang.

Ricky menambahkan pihaknya terus melakukan patroli rutin di ruas jalan guna menimalisir kecelakaan lalulintas yang diakibatkan aktivitas truk.

"Bahkan kalau lewat dan ketemu di jalan kami akan hentikan. Yang penting ada tidak pelanggarannya tentang odol (Over Dimension dan Overload) Kalau ada bisa kita tindak," jelas Ricky.

Dedi tokoh masyarakat Sukamaju, Tembesi mengaku aktivitas truk sampai saan ini terus berjalan tanpa hambatan. Tanah tersebut diangkut dari kawasan Barelang menuju pemukimannya.

"Masih melakukan penimbunan. Setiap hari truk itu berjalan tanpa memperdulikan dampak lingkungan," jelas Dedi.

Editor: Yudha