Marsda TNI Indra Jaya Pimpin Sea Trial KN SAR Ganesha 105 di Perairan Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 17-02-2022 | 16:52 WIB
Sea-Trial-KN-SAR-Ganesha-105.jpg
Desarprassiskom Marsda TNI Indra Jaya saat memipin Sea Trial KN SAR Ganesha 105 di Perairan Batam, Kamis (17/2/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - KN SAR Ganesha 105 milik BASARNAS yang diproduksi PT Karimun Anugerah Sejati (KAS), diuji coba (Sea Trial) di Perairan Kota Batam, Kamis (17/2/2022).

Sea Trial ini dipimpin langsung Deputi Bidang Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi (Desarprassiskom) Marsda TNI Indra Jaya.

Awal, KN SAR Ganesha 105 bertolak dari galangan Kapal PT KAS menuju Perairan Batuampar kemudian ke Perairan Nongsa. Setelah Sea Trial ini, kapal tersebut akan berlayar menuju Jakarta.

Sea Trial tersebut sebagai prosedur wajib terhadap kapal baru untuk menguji kemampuan kapal, mulai dari permesinan, olah gerak, kecepatan, navigasi, system komunikasi, sekoci keselamatan, jangkar, water canon, dan peralatan lain yang terpasang di kapal.

"Kami harus memastikan bahwa kapal ini berfungsi dengan baik, baik secara fisik maupun perangkat-perangkat yang ada di dalamnya," tegas Marsda TNI Indra Jaya, didampingi Direktur Sarpras Marsekal Pertama TNI Awang Kurniawan, Direktur Operasi Brigadir Jenderal TNI (Mar) Wurjanto; Direktur Bina Ketenagakerjaan, Marsekal Pertama TNI M Somin; Kasubdit Har Kolonel Achamd Espandiari, serta para Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Slamet Riyadi.

"Mudah-mudahan dengan hasil Sea Trial kapal ini mampu memberikan kontribusi nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan sebagaimana peruntukannya," tegas Indra Jaya.

Editor: Gokli