Bela Rakyat Kecil, Hanura Batam Hadirkan LBH Hati Nurani
Oleh : Putra Gema
Rabu | 16-02-2022 | 20:04 WIB
LBH-Hati-Nurani.jpg
Peresmian Kantor LBH Hati Nurani di Jalan Ahmad Yani, Komplek Eden Park nomor 21, Batam Center, Rabu (16/2/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - DPC Hanura Batam menghadirkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hati Nurani guna membantu masyarakat kecil yang tersandung permasalahan hukum di wilayah Provinsi Kepri.

Ketua LBH Hati Nurani, AL Reevan Simanjuntak mengatakan, LBH ini akan memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat yang membutuhkan.

Setelah dilakukan peresmian LBH ini, ke depan pihaknya akan berkolaborasi dengan setiap PAC Hanura di Batam, untuk mengkaji lebih dalam terkait dengan LBH ini.

"Pertama kami akan mendalami lagi permasalahan masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan hukum di Kota Batam, Kepri," kata Reevan, Rabu (16/2/2022).

Lanjut Revan, adapun tujuannya yakni menggali permasalahan warga yang ada, selanjutnya dari sisi hukum LBH siap untuk bergerak dengan cara terjun langsung membantu masyarakat dari kalangan bawah.

"Ketika masyarakat yang hendak membutuhkan bantuan dari LBH, maka kami akan melihat permasalahannya seperti apa, apakah melalui litigasi atau non litigasi. Karena masalah yang dihadapi masyarakat sejauh ini sangat beragam. Kami siap membantu masyarakat dari berbagai persoalan dan tidak dipungut biaya," ungkapnya.

Ia mengaku semua permasalahan yang dihadapi masyarakat pasti akan dibantu, minimal LBH memberikan pandangan secara hukum kepada masyarakat, agar masyarakat tahu dan paham dengan permasalahan hukum yang ada.

Sementara Sekretaris DPC Hanura Batam, Rony Nainggolan meminta kepada LBH untuk memberikan bantuan hukum secara gratis bagi semua masyarakat Batam yang membutuhkan. "Jika masyarakat yang hendak berkonsultasi dengan LBH Hati Nurani maka silakan datang langsung ke Kantor DPC Hanura yang ada di Batam Center," kata Rony.

Rony mengaku dengan adanya LBH, sejauh ini merupakan karya baru, untuk itu bagi seluruh masyarakat Batam agar jangan pernah takut menghadapi hukum, karena LBH akan membantu dengan tuntas.

"Masyarakat akan dibantu oleh 7 orang asli hukum yang terdiri dari 3 orang Ketua, Sekretaris, Bendahara (KSB) dan anggota 4 orang. Diharapkan DPC Hanura Batam ke depan mempunyai program-program yang luar biasa lagi, untuk kesejahteraan masyarakat Batam," tutupnya.

Editor: Gokli