22 Positif Covid-19 Dirawat di RSKI Galang

511 Orang PMI dari Malaysia Jalani Karantina di Rusun Tanjunguncang
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 16-02-2022 | 13:56 WIB
pmi_di-rusun-tanjunguncang-02.jpg
Sejumlah PMI setiba di salah satu Rusun Tanjunguncang. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Malaysia terus berdatangan melalui Pelabuhan Internasioal Batam Center. Pemulangan PMI ini sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu.

Pada Selasa (15/02/2022), tercatat sebanyak 106 PMI tiba di Tanah Air melalui Pelabuhan Internasioal Batam Center. Mereka langsung ditempatkan di tiga rumah susun (Rusun) yang disediakan Pemko Batam di Tanjunguncang, yakni Rusun Batamec, Rusun Putra Jaya dan Rusun BP Batam.

"Total hingga hari ini ada 533 PMI, 22 di antaranya terkinfimasi positif. Jadi hari ini PMI yang dikarantina sebanyak 511 orang," ujar dr Anggita, petugas medis yang menangani PMI di Rusun Tanjunguncang, Rabu (16/02/2022).

Guna penanganan lebih lanjut, untuk 22 PMI yang positif Covid-19 dibawa ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang.

Sementara 511 PMI akan menjalani masa karantina selama 10 hari terhitung setibanya di Indonesia, dan dua kali menjalani test swab.

"Jika dalam 10 hari dan hasil swabnya negatif, baru dipulangkan ke kampung halamannya. Sejauh ini, para PMI yang dikarantina masih bisa ditangani dengan baik," tutup Anggita.

Sementara di Gedung Tun Sendari Terpadu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batuaji, tercatat 16 pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan. Jumlah itu naik dari hari sebelumnya yang hanya 5 pasien.

"Tambah 11 pasien. Total hari ini ada 16 pasien di Tun Sendari," ujar Wakil Direktur (Wadir) RSUD Embung Fatimah, Sri Rupiati.

Editor: Yudha