Jumat Depan, 120 Wisman Singapura Mulai Kunjungan ke Batam dan Bintan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 15-02-2022 | 16:52 WIB
rudi-wali.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lebih dari dua tahun pintu masuk wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kepulauan Riau ditutup setelah diterpa pendemi Covid-19. Namun melalui skema travel bubble kunjungan wisman ke Indonesia bisa terlaksana atas kerja sama antar negara.

Pada Jumat (18/02/2022) mendatang, dijadwalkan penjemputan wisman Singapura pertama dalam skema travel bubble Batam Bintan-Singapura (BB-S).

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menegaskan komitmen meningkatkan keamanan kunjungan ke Batam, khususnya wilayah Nongsa. "Dengan adanya mereka datang maka pengamanan ke Kota Batam, khususnya di Nongsa, akan kita perketat. Salah satunya pemeriksaan PCR," kata Rudi di Batam Center, Senin (14/2/2022).

Rudi menyampaikan, kedatangan wisman ini merupakan pelaksanaan dari travel bubble antara Pemerintah Indonesia dengan Singapura. Ia berharap hasil pemeriksaan PCR valid sehingga tidak mencederai travel bubble yang sudah dibuka Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Wali Kota Rudi mengaku akan menjemput langsung kedatangan wisman Singapura itu. Sebagai informasi wisman akan masuk ke Kota Batam pada pukul 15.00 waktu Singapura atau pukul 14.00 WIB, mengunakan kapal Batamfast yang akan bersandar di Pelabuhan Nongsa Pura.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyebut sebanyak 120 wisman yang akan datang. Ia mengatakan, kabar baik tersebut merupakan kerja bersama untuk membangkitkan industri pariwisata.

"Wali Kota Batam fokus meningkatkan keamanan pengunjung, dan Pak Wali akan menjemput langsung para Wisman Singapura," ucapnya.

Editor: Gokli