Aktivitas Truk Tanah Timbun Bakau di Marina Jalan Lagi
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 15-02-2022 | 13:36 WIB
penimbunan_bakau-di-marina-01.jpg
Truk pengangkut tanah untuk penimbunan hutan bakau di Marina saat melintas di Jl. Brigjen Katamso, Tanjunguncang. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sempat berhenti beberapa pekan, aktivitas kendaraan truk membawa material tanah kembali beroprasi pada Selasa (15/02/2022) siang.

Dari pantauan di lapangan, material tanah itu diangkut dari kawasan Seilekop, Kecamatan Sagulung, menuju Marina dengan melintas di Jl. Brigjen Katamso, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji.

"Hampir satu minggu stop, tapi hari ini jalan lagi," kata Ehsan, warga Batuaji yang heran dengan maraknya lalu-lalang kendaraan berat pengangkut tanah timbunan tersebut.

Tanah timbunan tersebut dibawa menuju Marina, tepatnya sebalah kebun Jambu Mariana, Kecamatan Sekupang, untuk menimbun hutan bakau di kawasan tersebut.

Padahal Wali Kota Batam Muhammad Rudi sudah menghimbau kepada warga untuk melindungi ekosistem yang ada. Di antaranya menjaga hutan lindung termaksuk hutan bakau. Karena sewaktu-waktu dapat dikembangkan dengan sebaik mungkin.

"Hutan lindung dan bakau ini adalah aset negara, milik rakyat dan daerah. Bisa suatu waktu dikembangkan," kata Rudi, beberapa waktu lalu.

Kapolsek Batuaji Kompol Ganjar Kristanto saat dikonfirmasi enggan berkomentar terkait aktivitas truk tanah tersebut. "Silahkan tanya ke (unit-red) Lantas," ujar Ganjar melalaui pesan WhatsApp.

Apabila aktivitas truk tanah yang diduga tidak berizin terus dibiarkan akan merusak lingkungan akibat reklamasi dan akan terus merusak jalan yang dilalui.

Editor: Yudha