Sidak Komisi IV DPRD Batam ke PT SMOE Kabil Dinilai Ganggu Iklim Dunia Usaha
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 11-02-2022 | 13:24 WIB
jadi-rjg1.jpg
Jadi Rajagukguk, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan sejumlah anggota Komisi IV DPRD Batam di PT SMOE Indonesia, Kamis (10/2/2022), dinilai sangat mengganggu iklim dunia usaha yang saat ini tengah terdampak Covid-19.

Hal ini diungkapkan Jadi Rajagukguk, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam, usai menerima berbagi keluhan dari para pengusaha.

"Sidak sebenarnya sah-sah saja. Tapi di situasi pandemi saat ini harusnya mendorong percepatan pemulihan dunia usaha dan ekonomi. Bukan malah mengganggu ketidaknyamanan dunia usaha," kata Jadi, Jumat (11/2/2022).

Jadi menambahkan, harusnya wakil rakyat itu melakukan pangawasan terhadap peraturan daerah dan pelayanan publik, serta meningkatkan penanganan pandemi Covid-19 dalam rangka mendorong perbaikan pelayanan perizinan dunia usaha dan pelayanan publik.

"Kenapa rajin sakali DPRD Kota Batam ini lakukan sidak ke perusahaan. Bukannya DPRD itu wakil rakyat, pengusaha itu juga rakyat. Harusnya sidak berdampak dan bermanfaat dulu bagi masyarakat banyak," ujar Jadi.

Meskipun demikian, Jadi mengaku akan menelusuri apa permasalahan yang terjadi di PT SMOE di Kawasan Industri Kabil.

Dunia usaha saat ini sangat terpuruk. Di masa pendemi ini, kata Jadi, perubahan menjadi suatu keharusan dan akan sering dialami perusahaan, untuk bisa bertahan.

"Kadin Batam akan ajukan keberatan dan protes kepada Ketua DPRD Kota Batam atas sidak-sidak di perusahaan-perusahaan," ungkapnya.

Editor: Yudha