Antisipasi Karhutla, Polsek Batuampar Gelar Sosialisasi Secara Rutin ke Masyarakat
Oleh : Putra Gema
Rabu | 09-02-2022 | 17:52 WIB
sos-karhutla-ampar.jpg
Polsek Batuampar memasang spanduk imbauan agar masyarakat tidak melakukan Karhutla. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) salah satu peristiwa yang penting untuk diantisipasi sejak dini, menjadi perhatian serius Polri.

Untuk itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya hingga ke level Polsek melakukan antisipasi sedini mungkin.

Demikian halnya di wilayah Kecamatan Batuampar, meski tak banyak hutan di sana, namun Polsek Batuampar tetap melakukan antisipasi dengan menggelar sosialisasi kepada masyarakat secara rutin. Di mana, dengan sosialisasi itu, diharapkan Karhutla bisa diminimalisir dan masyarakat paham akan dampaknya.

"Kami secara rutin lakukan sosialisasi Karhutla ke masyarakat. Harapan kita masyarakat punya pemahanan sebelum musibah terjadi," ungkap Kapolsek Batuampar, AKP Salahuddin, Rabu (9/2/2022).

Lanjut Kapolsek, Karhutla itu bisa saja terjadi secara tidak sengaja maupun disengaja. Untuk itu, masyarakat perlu tahun ada sanksi bagi pelaku Karhutla.

"Bahkan, masyarakat kita ingatkan supaya tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena itu bisa menjadi pemicu terjadinya Karhutla. Termasuk juga tidak membakar sampah dengan sembarangan," kata dia.

Sosialisasi Karhutla ini, kata Kapolsek, akan terus dilakukan baik langsung maupun lewat imbauan berupa spanduk dan poster.

Editor: Gokli