Bazar MTQ Batam Kota 2022, Stand Puskesmas Botania yang Tersibuk Layani Masyarakat
Oleh : Aldy
Rabu | 09-02-2022 | 17:36 WIB
Puskes-Botania.jpg
Nakes Puskesmas Botania saat malayani pemeriksaan kesehatan masyarakat di stand bazar MTQ Batam Kota 2022, Selasa (8/2/2022) malam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Puskesmas Botania ikuti serta meramaikan bazar MTQ Kecamatan Batam Kota, dengan membuka stand pelayanan kesehatan pada Selasa (8/2/2022) malam.

Pembukaan stand pelayanan kesehatan ini sukses menarik minat para pengunjung MTQ untuk memeriksakan kesehatannya. Terbukti, pengunjung MTQ sampai rela antre menunggu giliran diperiksa Nakes Puskesmas Botania di Halaman Kantor Camat Batam Kota.

Koordinator Program Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Botania, Titin Sutiana mengatakan, ada beberapa jenis pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang hadir di acara bazar ini, seperti pemeriksaan kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

"Di sini kita ikut berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat, utamanya pengecekan kesehatan, terutama PTM. Khusus malam ini, kita lakukan screening atau pendeteksian dini, ini sangat penting bagi masyarakat, agar bisa mengetahui sedini mungkin keadaan kesehatannya, mungkin sudah ada gejala. Screening ini disarankan bagi masyarakat dilakukan minimal setahun sekali," ungkap Titin Sutiana.

Sementara Kepala Puskesmas Botania, dr Hary menyampaikan, pihaknya memanfaatkan momentum MTQ ini karena banyak pengunjung yang datang, dan rata-rata dalam usia produktif (di atas 15 tahun). Untuk malam ini, pelayanan diprioritaskan screening PTM, seperti hipertensi, gula darah dan penyakit tidak menular lainnya.

"Ini kita lakukan agar masyarakat bisa mengenali penyakit yang ada dirinya sedini mungkin, dengan melakukan screening kesehatan masyarakat bisa melakukan pencegahan atau antisipasi sebelum penyakit yang dideritanya akan bertambah parah," terang dr Hary.

Ia melanjutkan, pelayanan ini gratis buat seluruh pengunjung bazar MTQ, dan kegiatannya dilakukan pada saat pembukaan MTQ seperti malam ini, dan dilanjutkan pada malam penutupan pada 11 Februari 2022. "Ada 2 penyakit yang menjadi tren di masyarakat saat ini, yaitu hipertensi dan diabetes. Untuk pelayanan screening kepada masyarakat di area bazar ini, kita lakukan di malam pembukaan dan malam penutupan, karena saat itu yang ramai pengunjung," katanya.

Beberapa pengunjung baik dari warga maupun pegawai pemerintahan, merasa senang dengan adanya pelayanan kesehatan di acara bazar MTQ seperti ini. "Kami apresiasi kepada Puskesmas Botania, di acara malam seperti ini kan tidak menggangu kegiatan kami, dan kami menerima pelayanan screening kesehatan dengan baik malam ini. Kalau siang kebanyakan warga pada punya kesibukan, disaat kita libur hari Minggu misalanya, pelayanan Puskesmas juga terbatas. Jadi kita manfaatkan malam ini," kata salah satu warga yang ikut memeriksakan kesehatannya di stand Puskesmas Botania.

Editor: Gokli