Rudi Buka Gelaran MTQ Tingkat Kecamatan Batam Kota
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 09-02-2022 | 12:52 WIB
A-RUDI-MTQ-BATAM.jpg
Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi saat membuka MTQ Kecamatan Batam Kota. (Foto: Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Walikota Batam H Muhammad Rudi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan Batam Kota, yang diselenggarakan di lapangan kantor Camat Batam Kota, Selasa (8/2/2022) malam.

Beberapa jenis perlombaan yang akan dilaksanakan dalam acara MTQ tahun ini, seperti Tartil Quran (khusus untuk anak-anak), Tilawatil Quran (anak-anak dan dewasa), tahfidz Quran 1- 30 Juz, Syarhil Quran, Fahmil Quran dan tidak ketinggalan perlombaan rebana atau kompang. Acara MTQ ini akan berlangsung dari tanggal 8 - 11 February 2022.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan, MTQ bukan hanya ajang perlombaan dan menjadi juara saja. Tapi, dengan momentum MTQ ini bisa menjadikan kita sebagai ummat Isman yang lebih mendekatkan diri kepada Al-Quran dan menjadikannya pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan momentum MTQ ini, mari kita kembali ke Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari, ini bukan hanya sekedar menjadi juara," ujar Amsakar.

Ia melanjutkan, pelaksanaan MTQ adalah ranah spiritual, dan ini membuktikan pemerintah kota Batam bisa menyeimbangkan antara pembangunan infrastruktur dengan pembangunan spritual.

"Ini membuktikan bahwa keseriusan pemerintah kota Batam untuk membangun, tidak hanya infrastruktur, namun pembangunan spritual kepada seluruh masyarakat Kota Batam juga kita lakukan, sehingga bisa mewujudkan Batam sebagai Bandara Dunia Madani yang seutuhnya," papar Amsakar Achmad.

Kemudian Camat Batam Kota Novi Harmadi Astuti menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta MTQ tahun ini. Ia berharap setelah MTQ tingkat kecamatan Batam Kota ini, bisa mendapatkan kafilah yang handal untuk bertarung di tingkat kota Batam, dan bisa menjadi juara umum.

"Dengan pelaksanaan MTQ tahun ini kami harapkan mendapatkan yang kafilah yang terbaik untuk mewakili kecamatan Batam Kota, untuk bertanding di tingkat kota Batam," kata Novi Harmadi.

Novi melanjutkan, para kafilah yang bertanding di ajang MTQ tahun ini bisa lebih semangat dan mempersembahkan yang terbaik, seperti yang diraih kecamatan Batam kota pada tahun-tahun sebelumnya.

"Sebelumnya kecamatan Batam kota sudah dua kali menjadi juara umum MTQ tingkat kota Batam, kita harapkan tahun ini bisa mengulang kembali sebagai juara umum untuk ke tiga kali nya, sehingga piala bergilir dari pemerintah kota Batam bisa menjadi piala tetap untuk kecamatan Batam Kota," paparnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan MTQ ini, anggota DPRD Kota Batam, Aman, Kapolsek Batam Kota AKP Restia Octane Guchy, Danramil Nongsa Kapten Inf HP Siregar dan beberapa OPD kota Batam lainnya.

Editor: Dardani