Warga Taman Anugerah Sagulung Resah Lahan Kosong Jadi Tempat Pembuangan Limbah
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 07-02-2022 | 12:56 WIB
A-LIMBAH-TAMAN-ANUGRAH.jpg
Limbah industri yang dibuang di tanah kosong dekat perumahan Taman Anugerah Sagulung Batam. (Foto: Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Taman Anugerah, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, resah karena lahan kosong tidak jauh dari lokasi permukiman mereka kerap jadi tempat pembuangan limbah industri.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, limbah industri padat itu terdiri dalam berbagai bentuk, mulai dari plastik, pakaian, batok kelapa, puing banguna, sampah kertas, sisa semen, kabel dan lainya yang dibuang tepat di sebelah pemukiman Taman Anugerah dan alur sungai.

Menurut warga, setiap hari ada sejumlah kendaraan truk yang menurunkan limbah tersebut dilokasi lahan kosong.

"Hampir setiap hari ada truk yang membuang limbah disana sebelah (pemukiman warga-red)," ujar Ketua Rukun Warga (RW) 15 Taman Anugrah, Suhendro, Senin (7/2/2022).

Aktivitas pembuangan limbah padat itu kerap dilakukan pada sore hingga malam hari. Agar aktivitas itu tidak ketahuan oleh warga sekitar.

"Warga luar yang buang. Berbagai jenis truk yang buang kesana. Kita selalu pantau, tapi mereka buang di jam warga sedang beristirahat," ujar Suhendro.

Dia mengaku sudah pernah melaporkan hal tersebut ke kelurahan hingga tingkat Kecamatan Sagulung. Lalu, direspon cepat oleh pemerintah dengan melakukan pembersihan bersama warga sekitar.

"Tapi akhir-akhir ini kembali terjadi pembuangan sampah itu. Kemarin sudah sempat kita lakukan gotong royong bersama pemerintah, tapi sekarang kembali menumpuk," ujarnya.

Suhendro menambahkan, aktivitas pembuang limbah ini sangat meresahkan warga. Pasalnya para pelaku tidak hanya melalukan pembuang tapi juga melalukan pembakaran dilokasi. Asap tebal dan bauk tidak sedap kerap dirasakan warga.

"Aktivitas pembakaran tanpa melalui prosedur yang benar akan membahayakan lingkungan, dan kesehatan warga," ujarnya.

Editor: Dardani