Senin Depan, Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura Mulai Dibuka
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 22-01-2022 | 18:56 WIB
sandi-BTP.jpg
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Kampus Iteba dan BTP di Tiban, Kota Batam, Jumat (21/1/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura (BB-S) dibuka Senin (24/1/2022) mendatang.

Dalam kunjungannya di Kota Batam, Jumat (21/1/2022), Sandiaga menjelaskan, Presiden Joko Widodo sudah menyetujui pembukaan lalu lintas orang secara terbatas antara Indonesia dengan Singapura.

"Pembukaan akan dilakukan pada 24 Januari 2022 bersamaan dengan pengumuman resmi dari pemerintah," kata Sandiaga Uno didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat berkunjung ke Kampus Iteba dan BTP di Tiban, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Dijelaskannya, pengumuman resmi oleh pemerintah akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Regulasi teknis pelaksanaan arus kedatangan dan kepulangan wisatawan, lanjut Sandiaga akan terus dimatangkan dengan kementerian teknis dan pihak-pihak terkait. Termasuk bernegosiasi dengan Otoritas Singapura, dua wilayah yang akan menjadi prototipe Travel Bubble terbatas dan terkontrol adalah Nonga dan Bintan.

Salah satu persiapan teknis menjelang berjalannya Travel Bubble ini antara lain menyediakan laboratorium tes cepat molekuler atau TCM yang terkoneksi ke aplikasi PeduliLindungi. "Saya yakin Nongsa dan Bintan telah sudah menyiapkan itu semua. Termasuk penerapan bluepass untuk keperluan tracing," tegasnya.

Editor: Gokli