Lantik Pengda IJTI Kepri, Hendrik: Wartawan Televisi Harus Independen
Oleh : Hadli
Selasa | 14-12-2021 | 17:44 WIB
IJTI-Kepri-Lantik.jpg
Pelantikan dan Rakerda Pengda IJTI Kepri Periode 2021-2026 di Aston Hotel Batam, Selasa (14/12/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pusat, Hendrik Kurniawan menaruh harapan kepada pengurus daerah (Pangda) IJTI Kepri untuk dapat meningkatkan informasi yang baik kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Hendrik saat melantik Pangda IJTI Kepri yang diketahui Gusti Yennosa di Aston Hotel, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (14/12/2021) siang.

"Untuk pengurus yang baru agar segera siapkan langkah-langkah ke depan, agar pertelevisian di Indonesia terus berkarya dan tetap menjadi pemberitaan yang diminati masyarakat," tegas Hendrik.

Pelantikan Pangda IJTI Kepri masa jabatan 2021-2026 ini, juga dihadiri Wali Kota Batam, Muhammad Rudi; Asisten Ekonomi Pemprov Kepri, Samsul Bahrum; Bupati Karimun, Annur Rafiq, Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt serta stekholder lainnya.

Hendrik menuturkan, jurnalis IJTI harus juga terus menjalin kerja sama yang baik dengan stekholder, agar pemberitaan yang independen dan tidak berpihak. "Profesi pekerjaan yang utama kita adalah menghapuskan para netizen, yang mengklaim karya jurnalis," pesannya.

Hendrik menambahkan, setiap netizen tidak tahu akan karya jurnalis, sehingga yang disalahkan adalah para jurnalis. Ia memberikan contoh kasus kecelakaan maut di tol.

"Beberapa contoh seperti video artis kecelakaan di jalan tol, itu banyak foto dan video yang beredar memperlihatkan jasad korban itu sendiri," sebut Hendrik.

Sejalan dengan itu, Ketua Pengda IJTI Kepri, Gusti Yennosa mengatakan, target kerja pertama pada 2022 mendatang adalah memberikan pelatihan dan menyelenggarakan kompetisi wartawan televisi di Kepri.

"Visi misi kami ke depan adalah menggelar sertifikasi wartawan TV, agar ke depannya dapat menyediakan pemberitaan yang sesuai dengan karya jurnalis," kata Yennosa.

Ia mengetakan, jumlah wartawan televisi dari berbagai stasiun yang ada di Kepri sekitar 60 orang. "Dalam waktu dekat ini akan kami rangkul semua, dan dilakukan sertifikasi," ujarnya.

Dalam kesempatan pelantikan ini, Yennosa yang akrab disapa Mpok Oca mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dan panitia sehingga pelantikan berjalan dengan baik.

Editor: Gokli