Tak Wajib PCR Lagi, Penumpang di Bandara Hang Nadim Meningkat
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 01-12-2021 | 14:04 WIB
A-PENUMPANG-HANG-NADIM2.jpg
Para penumpang pesawat di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Putra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas penerbangan ke luar Kota melalui Bandara Hang Nadim Batam terus meningkat, setelah tidak diberlakukannya syarat perjalanan wajib tes PCR.

General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono mengatakan, sejak tidak diwajibkannya syarat PCR tersebut, perjalanan orang melalui Bandara Hang Nadim terus meningkat.

Peningkatan tersebut dijelaskannya bahkan dapat mencapai 10.000 penumpang setiap harinya. Meski begitu, angka tersebut masih tergolong normal dan dinilai tidak signifikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Hitungannya masih normal, seharinya bisa mencapai 10.000 penumpang. Semoga dapat terus meningkat," kata Bambang, Rabu (1/12/2021).

Dijelaskannya, pejingkatan penumpang untuk kedatangan rata-rata didominasi dari beberapa bandara yang terletak di Pulau Jawa.

"Untuk daerah lainnya, masih normal. Penumpang yang paling banyak tujuan Jakarta, begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Meski sudah diberlakukan tidak wajib PCR, namun hal ini dijeladkannya hanya berlaku untuk setiap penumpang yang telah menerima vaksin Covid-19 tahap ke-2.

Lanjut Bambang, untuk seluruh penumpang yang akan melakukan perjalanan, wajib mengikuti protokol kesehatan dan bisa menunjukkan syarat perjalanan sesuai dengan Inmendagri nomor 62 tahun 2021.

"Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di transportasi udara," tutupnya.

Editor: Dardani