Lomba Unjuk Rasa di Engku Putri, Peserta Tuntut Pemerintah Tegakkan HAM Merata
Oleh : Hadli
Rabu | 01-12-2021 | 12:36 WIB
lomba-unjukrasa-polda1.jpg
Lomba unjuk rasa dalam rangka memperingati hari HAM di Dataran Engku Putri Batam Center. (Hadli/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM), Polda Kepri menggelar lomba orasi-unjuk rasa Piala Kapolri di Dataran Engku Putri Batam Center, Rabu (1/12/2021). Lomba yang diikuti 5 kelompok peserta, menuntut pemerintah berbuat adil kepada masyarakat kecil.

Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman mengatakan, lomba orasi ini bertujuan memberikan kesempatan dalam menyampaikan aspirasi dengan tata cara yang baik.

"Unjuk rasa atau penyampaian aspirasi di depan publik merupakan bagian dalam kehidupan kita terkait hak dan kewajiban bapak ibu sekalian. Menyampaikan pendapat di muka umum dijamin dalam konstitusi dan tentunya juga ada batasan-batasan yang diatur dalam undang-undang," ujar Kapolda.

Untuk itu, Kapolda mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang hadir. Polri, tambahnya juga berkomitmen dalam menjalankan tugas yang tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt menambahkan, dalam rangka memperingati Hari HAM, 10 Desember, esensi dari lomba ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat bahwa penyampaian pendapat dimuka umum itu adalah sebuah Hak dan itu dijamin oleh konstitusi.

"Namun kita juga memberikan edukasi bahwa disamping Hak ada juga kewajiban yang harus dipenuhi, contohnya ikut juga menjaga Hak Asasi Manusia orang lain di luar dari pada yang ikut melaksanakan unjuk rasa," jelasnya.

Harry menjelaskan, lima peserta orasi yang terdiri dari 10 sampai 15 orang akan dinilai langsung oleh lima orang juri terdiri dari perwakilan Menkumham, Ombudsman dan perwakilan dari aktifis, buruh, organisasi kepemudaan dan LSM.

Peserta juara nantinya mendapat dana pembinaan dari Kapolda Kepri dengan rincian juara 1 memperoleh Rp. 5.000.000, juara 2 sebesar Rp. 3.500.000, juara 3 sebesar Rp. 2.500.000, juara harapan 1 Rp. 2.000.000, dan juara harapan 2 Rp. 1.500.000.

"Dan nanti yang memperoleh juara 1, video rekamannya akan kita kirim ke Mabes Polri dan nanti akan dipertimbangkan pada tingkat Mabes Polri, mudah-mudahan dari Kepri ada yang terpilih dan kita akan memberangkatkan untuk bertanding pada tingkat Pusat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Kabid HAM Kemenkumham Kepri Sukiman mengatakan, kegiatan hari ini merupakan suatu sejarah baru di Indonesia dalam memperingati hari HAM.

"Polri mengadakan lomba unjuk rasa dan semoga dengan kegiatan ini kedepannya masyarakat bisa menilai bahwa negara memberikan ruang kepada rakyat nya untuk menyampaikan aspirasinya tetapi tidak melupakan kewajiban-kewajiban nya," ucapnya.

Editor: Yudha