Utusan Sarumaha Minta Program Kelurahan Jangan Hanya Semenisasi dan Drainase
Oleh : Putra Gema
Jumat | 05-02-2021 | 08:53 WIB
utusan_sarumaha-01.jpg
Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha. (Dok)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha, menyoroti penggunaan anggaran Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK), yang hanya fokus untuk semenisasi dan pembangunan drainase.

Menurutnya, ruang lingkup pembangunan di tingkat kelurahan harusnya juga menyasar pendidikan, kebudayaan dan bidang-bidang lainnya.

"Kami ingin Pemerintah Kota Batam melakukan perluasan objek program kegiatan PIK," ujar Utusan, Kamis (4/2/2021).

Ditambahkan, kebutuhan pembangunan di masing-masing kelurahan berbeda, seperti ada kelurahan yang membutuhkan sarana pendidikan yang mendesak, taman bermain anak, poskamling dan lain sebagainya.

"Saya kira ini kalau diperluas akan lebih baik, karena menjawab kebutuhan masyarakat. Jadi tak terpaku pada program semenisasi dan drainase," ungkapnya.

Dia juga mengamni anggaran PIK itu harus bersifat skala prioritas. Namun menurutnya, skala prioritas itu bukan hanya semenisasi ataupun drainase.

"Harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelurahan dan mengacu pada hasil Musrenbang. Kalau ini diperluas saya rasa lebih bagus," ujarnya lagi.

Sarumaha juga megatakan, pihaknya akan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri agar penggunaan PIK bisa lebih maksimal dan menjangkau kebutuhan masyarakat.

"Nanti kami konsultasikan, setelah itu kami akan libatkan Camat dan Biro Hukum untuk sama-sama mendengarkan," jelasnya.

Editor: Surya