Pasien Positif Covid-19 di Batam Bertambah 3 Orang
Oleh : Paskalis Rianghepat
Sabtu | 18-07-2020 | 11:00 WIB
COVIID-19b_(1).jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua warga Kota Batam dan seorang pendatang asal Padang terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan adanya penambahan ini, total pasien corona di Batam jadi 270 orang.

Penambahan pasien corona disampaikan ketua gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Muhammad Rudi melalui keterangan tertulis, Jumat (17/7/2020) kemarin.

"Sampai saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Batam menjadi 270 orang. Penambahan ini menyusul 3 orang pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Rudi.

Ketiga pasien pasitif yang baru terkonfirmasi, kata dia, terdiri dari 2 orang laki-laki dan seorang wanita yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat.

Pasien pertama yang dinyatakan positif adalah seorang laki-laki berusia 67 berinisial AMS. Ia di perumahan Kavling Seroja, Kelurahan Sungai Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

"Yang bersangkutan merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 268 Kota Batam setelah hasil pengambilan swab test tenggorokon di RSUD Embung Fatima dinyatakan positif Corona," ujarnya.

Sebelum terkonfirmasi positif, katanya lagi, pasien ini sudah memiliki riwayat Stroke tiga tahun yang lalu. Saat ini kondisi lemah dan tidak stabil di ruang perawatan isolasi atau karantina intensif Tun Sundari RSUD Embung Fatimah.

Selanjutnya, pasien kedua adalah seorang tukang bangunan, beralamat sementara di kawasan perumahan Kavling Mangsang Lestari, Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk, berinisial AU.

"Pasien ini merupakan warga Kota Padang. Sejak bulan Februari lalu tinggal di tempat anaknya yang sudah bekerja dan menetap di Kota Batam. Ia diketahui positif Corona setelah mengikuti pemeriksaan Swab tenggorokan di RSKI Galang Batam," tambahnya.

Warga kota Padang ini diketahui positif Corona, sebutnya, berawal saat ia mengikuti RDT secara mandiri di klinik Thamrin Batam untuk keperluan persyaratan penerbangan dengan hasil Reaktif. Setelah dinyatakan positif Covid-19, yang bersangkutan kemudian ditetapkan sebagai kasus nomor 269.

"Untuk perawatan lebih lanjut setelah hasil RDT Reaktif, pasien ini kemudian dievakuasi ke RSKI Galang untuk menjalankan Isolasi atau karantina. Sejauh ini kondisinya masih stabil," timpalnya.

Kemudian pasien terakhir, lanjutnya, merupakan Instalator Listrik, beralamat di kawasan perumahan Tembesi Lestari, Kebun Sayur, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, berinisial MPH.

Pasien ini menjadi kasus baru Covid-19 Nomor 270, sambungnya, setelah hasil RDTnya reaktif. Sementara hasil RDT dari Isteri dan anaknya Non Reaktif saat memeriksakan diri ke Klinik Kanaka Batam bersama istri dan anaknya untuk memenuhi persyaratan penerbangan ke Jakarta.

Berdasarkan hasil tersebut, yang bersangkutan kemudian dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina atau isolasi.

"Saat di RSKI Covid-19 Galang, ia kemudian melakukan pemeriksaan Swab test Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini ia Terkonfirmasi Positif. Walau sudah dinyatakan positif, kondisinya sampai saat ini masih stabil," pungkasnya.

Editor: Yudha