Begini Respon Menlu Singapura atas Telepon Menko LBP
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Minggu | 05-07-2020 | 19:04 WIB
luhut-menlu-singapura_jpg2.jpg
Menko Luhut Binsar Pandjaitan saat menerima kunjungai Menlu Singapura Dr. Vivian Balakrishnan di Kantor Menko Maritim di Jakarta, beberapa waktu lalu. (Foto: maritim.go.id)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Dr Vivian Balakrishnan merespon baik telpon dari Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), 2 Juli 2020 lalu, soal kerjasama bilateral kedua negara, khususnya mengenai kunjungan antar warga negara.

Menlu Singapura Dr Vivian Balakrishnan pun mengeluarkan pernyataan publiknya di laman Kementerian Luar Negeri Singapura, pada Jum'at 3 Juli 2020, merespon pembicaraan telepon dengan Menko LBP itu.

Dalam laman itu, Vivian Balakrishnan menyampaikan, bahwa pada tanggal 2 Juli 2020, dirinya menerima panggilan telepon dari Menko LBP terkait soal kunjungan wisatawan ke Batam dan Bintan. Kedua menteri pun sepakat pentingnya menjaga kerja sama bilateral positif kedua negara, termasuk di tengah pandemi Covid-19.

Menlu Vivian Balakrishnan menambahkan, meskipun dalam pembicaraan via telepon dengan Menko LBP itu tidak membahas secara spesifik tentang kerja sama pariwisata. Tapi, pemerintah Singapura saat ini secara bertahap sudah mulai membuka kembali perbatasan negaranya secara progresif dan terkalibrasi.

Tentu saja, sambil memastikan kesehatan dan keselamatan warga Singapura dan keselamatan para pengunjung internasional yang akan berkunjung ke Singapura.

"Saat ini, warga negara Singapura masih disarankan untuk menunda semua perjalanan ke luar negeri," jelas Menlu Vivian menutup pernyataan publiknya.

Editor: Dardani