Kanwil Kemenkumham Resmikan Pos Wasrik Gerbang Utama Lapas Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 25-06-2020 | 20:04 WIB
teken-prasati.jpg
Kakanwil Kemenkumham Kepri, Agus Widjaja saat meneken prasasti pertada peresmian Pos Pemeriksaan Gerbang Utama Lapas Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri, Agus Widjaja meresmikan Pos Pengawasan dan Pemeriksaan Gerbang Utama Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam, Kamis (25/06/2020).

Selain peresmian, kehadiran Kakanwil Kemenkumham Kepri juga sekaligus penguatan kinerja kepada seluruh petugas Lapas Kelas IIA Batam. Kegiatan ini juga dihadiri seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi.

Kepala Lapas Kelas IIA Batam, Mishbahuddin, mengatakan, pembangunan Pos Wasrik ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan Lapas terhadap keluar masuknya orang dan barang ke dan dari Lapas Batam.

"Ini juga sesuai dengan Undang-Undang Pemasyarakatan nomor 12 tahun 1995 dan Permenkumham nomor 33 tahun 2015 terkait Keamanan dan Ketertiban di Lapas maupun Rutan," ujar Mishbahuddin.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Kepri, Agus Widjaja, menjelaskan, tujuan dari pintu utama adalah untuk merapikan jalur keluar masuk di Lapas menjadi satu jalur dan teratur.

Agus Widjaja menegaskan, bagian depan Lapas ini merupakan milik publik, oleh karenanya mohon kepada pimpinan untuk memberikan perhatian khusus, utamanya para petugas di pintu gerbang ini, berupa keterampilan dari segi dan cara pengamanan serta pengendalian Kamtib.

"Petugas depan harus mencurigai semua yang masuk. Siapapun yang masuk harus melalui protokol yang ada. Serta wajib ikhlas untuk diperiksa," ucap Agus.

Selesai menandatangani prasasti dan pemotongan pita peresmian Pos Wasrik, acara dilanjutkan dengan brifing kepada seluruh petugas Lapas Batam guna memberikan penguatan kinerja di Aula Ismail Saleh Lapas Batam. Acara ini diikuti juga para Kepala Divisi dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Batam.

"Mari kita sebagai petugas Lapas yang notabanenya merupakan pegawai Kementerian Hukum dan HAM memberikan segala hal yang terbaik. Hal ini guna mendukung kebijakan-kebijakan yang diberikan pimpinan pusat. Kita dukung kebaikan, sehingga tidak ada kejadian yang tidak kita inginkan di Lapas," ujarnya.

"Ini bisa terlaksana tidak hanya oleh pegawai, mari kita sosialisasikan kepada warga binaan di dalam. Karena keberhasilan institusi tegantung pada motivasi kita ketika bekerja," pesan Agus Widjaja dalam penguatan kinerja itu.

Agus berharap agar tunas-tunas muda pengayoman yang ada di Kepri, khususnya tidak terpengaruh dengan hal-hal yang melanggar aturan. Agus Widjaja berharap agar setiap petugas Lapas menunjukkan integritas yang baik walaupun tanpa adanya pengawasan dari pimpinan.

Editor: Gokli