Kesadaran Masyarakat Batam Bayar Pajak Kendaran Sangat Tinggi
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 17-06-2020 | 15:20 WIB
samsat2.jpg
Kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan cukup tinggi. (Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan cukup tinggi. Hal ini diakui Kepala UPT Samsat Batuaji Riko Junaidy.

"Alhamdulilah, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak cukup tinggi sejak dibuka pada 2 Juni lalu," ujar Riko, Rabu (17/06/2020) siang.

Hal itu terbukti dari banyaknya masyarakat yang datang rata-rata 200 sampai 250 orang membayar pajak kendaraan bermotor per harinya. Bahkan selama masa new normal ini rata-rata diatas 300 orang perhari yang melakukan pembayaran pajak kendaraan sejak Senin (15/6/2020) lalu.

"Cukup baik tanggapan masyarakat dengan aturan new normal ini. Terbukti semenjak diberlakukan, penarikan pajak kendaraan bermotor cukup meningkat dari hari-hari sebelumnya," ujarnya.

Saat ini jumlah pembayar pajak kendaraan bermotor semakin meningkat, sehingga Riko optimis target tahunan untuk penarikan pajak kendaraan bermotor ini bisa tercapai nantinya.

"Sejak tanggal 2 Juni kemarin pencapaian kita sudah diangka Rp 2,7 miliar. Mendakati Rp 3 miliar. Ini luar biasa dan kita optimis target tahunan bisa tercapai nantinya," kata Riko.

Target penarikan pajak kendaraan tahunan khusus untuk UPT Batuaji sebanyak Rp 26 miliar. Target ini optimis tercapai, sebab Samsat sendiri banyak mengeluarkan terobosan baru untuk mempermudah warga dalam membayar pajak kendaraan mereka.

"Kami tidak mempersulit pemilik kendaraan yang identitasnya berbeda dengan STNK atau BPKB serta menghilangkan denda keterlambatan pembayaran selama tiga bulan terakhir," pungkasnya.

Editor: Chandra