Arus Penumpang Pelabuhan Telaga Punggur Batam Menurun Drastis di Masa Covid-19
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 07-05-2020 | 15:52 WIB
pelabuhan1.jpg
Ruang Tunggu Penumpang di Pelabuhan Telaga Punggur Batam. (Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Arus penumpang dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam, menuju pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menurun drastis selama pandemi Covid-19 (Corona Virus).

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Komaruddin, ketika ditemui mengatakan, sejak Covid-19 merebak di Indonesia khususnya di Kepulauan Riau, operasional Ferry dari Pelabuhan Telaga Punggur menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura mengalami pengurangan.

"Biasanya kalau hari normal berangkat setiap 15 menit, sekarang jam operasional Batam Tanjungpinang akan berjalan selama 2 jam sekali, terakhir pukul 17.30 WIB," kata Komaruddin, Kamis (7/5/2020).

Diungkapkannya, kapasitas setiap keberangkatan yang sebelumnya bisa mencapai 190 penumpang, saat ini hanya mengizinkan 50 penumpang.

"Kalau belum ada Covid-19, angka keberangkatan itu bisa mencapai 2000 penumpang setiap harinya. Kalau sekarang hanya 400 sampai 500 penumpang setiap harinya dengan operasionalkan 5 ferry pulang pergi," ujarnya.

Setiap penumpang yang berangkat pun diwajibkan mengisi form kartu kuning serta mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut demi memutus mata rantai Covid-19 di Kepri.

Lanjut Komaruddin, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat Kota Batam agar tidak melakukan perjalanan ke luar daerah apabila tidak diperlukan.

Editor: Chandra